Washington, LiputanIslam.com–Sumber intelijen AS melaporkan bahwa Korea Utara baru-baru ini mendorong aktivitas pengayaan uranium di situs-situs rahasia mereka di tengah hubungan diplomatik yang masih berjalan antara kedua negara.

Berdasarkan laporan dari NBC News pada Sabtu (30/6/18) mengutip sejumlah pejabat AS, mereka menemukan foto-foto satelit yang mengindikasikan upaya pengembangan yang pesat di fasilitas nuklir Korut di Yongbyon.

NBC melaporkan, kabar pengembangan nuklir ini memberikan tantangan besar bagi klaim Trump bahwa pertemuannya dengan Kim Jong-un di Singapura pada awal bulan ini membuahkan hasil yang sukses.

Meski Korut telah menghentikan uji coba rudal dan nuklir, “tidak ada bukti bahwa mereka mengurangi persediaan, atau bahwa mereka menghentikan produksi mereka,” tulis NBC dalam laporan mereka.

“Ada bukti yang benar-benar nyata bahwa mereka mencoba mengecoh AS,” kata pejabat yang dirujuk oleh laporan.

Sebagai tambahan, NBC melaporkan bahwa ada 4 pejabat intelijen lain yang menilai bahwa Korut berupaya “membohongi” Amerika.

“Kami tahu banyak hal yang dicoba disembunyikan oleh Korut dalam waktu yang lama,” ujar seorang pejabat.

“Mereka sedang bekerja untuk mengecoh kami dalam sejumlah fasilitas [nuklir], dengan sejumlah senjata, sejumlah rudal,” ungkap pejabat lain. “Kami mengamati mereka secara dekat.” (ra/presstv)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*