Russian-Topol-ICBM-missileWashington, LiputanIslam.com — Rusia telah melakukan uji tembak rudal balistik antarbenua (ICBM) baru, pada hari Senin (16/4). Kementerian Pertahanan Amerika Serikat mengkonfirmasi pengujian tersebut Selasa kemarin (15/4).

“Saya dapat mengkonfirmasikan bahwa Rusia melakukan uji tembak ICBM kemarin,” kata kata Juru Bicara Pentagon Kolonel, Steven Warren seraya mengatakan bahwa Rusia telah memberitahu Otoritas AS sebelum uji peluncuran, untuk menjaga keberadaan perjanjian senjata.

“Peluncuran ini merupakan uji rutin dengan sebelumnya memberitahu peluncuran ICBM. Pemberitahuan dilakukan sebagaimana yang disyaratkan dalam perjanjian START baru,” kata Warren menambahkan.

“Secara rutin Amerika Serikat dan Rusia melakukan uji tembak ICBM dan SLBMS mereka.” Juru Bicara Pentagon tidak menentukan dengan tepat jenis rudal diluncurkan.

Pada tanggal 4 Maret , Rusia menembakkan rudal Topol, yang mampu membawa nuklir hulu ledak dari wilayah Astrakhan di selatan negara itu.

Meskipun ketegangan-ketegangan melonjak antara Amerika Serikat dan Rusia atas “aneksasi” Moskow terhadap Krimea dan disusul oleh sanksi-sanksi yang dikenakan oleh Washington, dua bekas musuh Perang Dingin itu tetap menjalin bekerjasama di daerah-daerah tertentu secara militer dan eksplorasi ruang angkasa.

Rusia juga terus mengijinkan konvoi AS untuk melewati wilayah Rusia untuk memasok pasukan di Afghanistan.(ca/republika.co.id)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL