adam gadahnWashington DC, LiputanIslam.com — Pemerintah AS, hari Kamis (23/4) mengumumkan kematian juru bicara Al Qaida, Adam Gadahn (36 tahun), dalam operasi anti terorisme bulan Januari lalu. Selain Gadahn, warga AS pemimpin Al Qaida lainnya, Ahmad Faroug, juga tewas dalam operasi terpisah.

Namun tidak ada keterangan lebih rinci tentang operasi anti-teror tersebut. Hanya disebutkan operasi tersebut menewaskan juga seorang warga AS dan warga Italia yang ditawan Al Qaida, yaitu Warren Weinstein dan Giovanni Lo Porto. Demikian seperti dilansir CCN, Jumat (24/4).

Presiden Obama yang mengumumkan kematian kedua tawanan tersebut, Kamis (23/4), mengatakan bahwa AS tidak menyangka bahwa target operasi tersebut berisi kedua tawanan tersebut. Sebagai komandan tertinggi, Obama menyatakan bertanggungjawab penuh atas peristiwa itu dan pemerintah AS akan memberikan kompensasi kepada keluarga keduanya.

Seorang sumber keamanan AS mengatakan operasi militer tersebut dilakukan dengan drone-drone di sebuah wilayah di dekat perbatasan Pakistan-Afghanistan.

Meski bukan pemimpin tertinggi Al Qaida, Adam Gadahn adalah salah satu pemimpin terpenting kelompok teroris itu yang wajahnya sering muncul di televisi, memberikan pernyataan-pernyataan penting atas nama Al Qaida.

Yang menarik adalah Adam ternyata berdarah yahudi, asal California, AS. Lebih menarik lagi karena ia ternyata adalah cucu dari Carl Pearlman, seorang tokoh zionis penting dan mantan anggota Dewan Direktur Anti-Defamation League, organisasi zionis paling berpengaruh di dunia. Demikian seperti tertulis di situs wikipedia.

CNN menyebutkan, Adam lahir tahun 1978 dan keluarganya mengganti nama belakangnya dari Pearlman menjadi Gadahn. Ia disebut-sebut pindah keyakinan menjadi Islam tahun 1995 dan pada tahun 1998 pergi ke Pakistan. Kontak terakhir dengan keluarganya terjadi tahun 2002.

Kemunculan terakhirnya di media massa adalah bulan September 2014 di media milik Al Qaeda, Al Sahab, dimana ia menyerukan penggulingan penguasa Saudi Arabia dan Pakistan.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL