sitem radar jepangTokyo, LiputanIslam.com — Amerika Serikat (AS) mengirimkan sistem radar pertahanan udara kedua ke Jepang. Demikian Dephan AS (Pentagon) mengumumkan, Jumat (26/12) kemarin.

Sebagaimana dilansir kantor berita Antara, sistem radar pertahanan udara AN/TPY-2 ditujukan untuk “meningkatkan cakupan sensor pertahanan rudal balistik dari Jepang dan AS,” kata Dephan AS dalam pernyataannya.

Sebelumnya AS telah menyatakan keinginannya agar Jepang dapat meningkatkan pertahanan rudal mereka untuk melindungi diri terhadap ancaman perang dengan Korea Utara. Program rudal nuklir balistik Korea Utara telah menjadi sumber keprihatinan keamanan utama di wilayah Pasifik.

“Kami akan terus menekankan pentingnya mengembangkan sistem pertahanan rudal balistik kawasan,” kata Wakil Kepala Staf Gabungan James Winnefeld awal tahun ini, menekankan bahwa kerja sama akan “menghasilkan kinerja yang lebih baik dibandingkan negara-negara masing-masing bertindak sendiri.”

“Ini adalah topik yang sangat sensitif secara politis untuk beberapa kawasan sekutu kami, namun kemajuan di daerah ini hanya akan meningkatkan rasa percaya diri kami dalam menghadapi provokasi Korea Utara terus-menerus,” tambahnya.

Dijuluki Kyogamisaki Communications Site, radar baru ini akan ditempatkan di Kyogamisaki, sekitar 600 kilometer sebelah barat Tokyo. Sebelumnya Jepang juga sudah memiliki sistem radar Shariki, di Jepang utara.

Fasilitas ini telah diuji dan dibangun di Jepang oleh militer AS bekerjasama dengan Jepang, kata Pentagon.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL