Brasilia, LiputanIslam.com–Kemunduran AS dari Suriah tidak berarti berakhirnya semua operasi untuk melindungi Israel. Demikian kata menlu AS Mike Pompeo kepada PM Israel Benjamin Netanyahu.

Dalam pertemuan di Brasilia, Brazil, pada Selasa (1/1/19), Pompeo menyatakan bahwa komitmen AS kepada Israel tidak berubah, meski AS telah menarik pasukan dari Suriah seperti yang diumumkan Presiden Trump pada bulan lalu.

Menurut sang menteri, upaya AS untuk “melawan agresi Iran” akan terus berlanjut bersama dengan “perlindungan Israel.”

Pertemuan Pompeo dan Netanyahu kali ini memang mengkhususkan diskusi tentang pencabutan pasukan AS di Suriah  dan kerjasama AS-Israel di masa mendatang.

Sebelum pertemuan tersebut, Netanyahu sempat menyatakan bahwa ada banyak hal yang harus dibahas dengan AS, termasuk bagaimana “meningkatkan kerjasama intelijen dan operasi kami di Suriah dan di tempat lain untuk memblokir agresi Iran di Timur Tengah.”

Netanyahu juga mengaku sangat menghargai “dukungan kuat dan tegas” dari AS dalam upaya Israel “bertahan diri” terhadap Suriah dan Hizbullah.

Dia pun memuji Pasukan Pertahanan Israel karena melakukan serangan terhadap sejumlah warga Iran pada Hari Natal yang membahayakan dua penerbangan sipil. (ra/rt)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*