Bowen, LiputanIslam.com–Pasukan angkatan laut AS, Australia, dan Jepang menggelar latihan militer bersama di Bowen, Australia, pada Senin (22/7) lalu untuk melawan Cina dan mempertahankan “pulau yang diperebutkan di Pasifik.”

Pejabat militer dari Unit Ekspedisi Marinir AS ke-31, Mayor Mike Mroszczak, menjelaskan pada hari Jumat (26/7) bahwa penggabungan latihan antara Angkatan Laut dan Korps Marinir memungkinkan pasukan untuk memasuki kawasan dengan kekuatan yang lebih besar. Demikian laporan dari kantor berita Military.com.

Latihan perang ini dilakukan setelah unit militer Amphibious Rapid Deployment Brigade Jepang yang baru berdiri tahun lalu bersitegang dengan China terkait Kepulauan Senkaku yang disengketakan di Laut Cina Timur. AS dilaporkan hanya mengakui kekuasaan Jepang atas pulau-pulau tak berpenghuni itu  seandainya Cina berupaya mengambil alih.

Dari hampir 2.000 tentara Jepang di brigade amfibi, 300 di antaranya ikut serta dalam latihan perang ini.

Sementara itu, Cina menuding AS merusak stabilitas strategis global dengan mengadopsi kebijakan uniteral terhadap negara-negara besar di dunia. (ra/pressrv)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*