pesawat mahan airWashington DC, LiputanIslam.com — Pemerintah AS menjatuhkan sanksi terhadap dua perusahaan penerbangan yang telah menjual pesawat jet penumpang kepada Iran.

Kedua maskapai penerbangan tersebut adalah Al-Naser Airlines asal Irak dan Sky Blue Bird Aviation dari Uni Emirat Arab. Keduanya telah menjual pesawat kepada perusahaan Iran Mahan Air. Hal itu dianggap AS sebagai pelanggaran atas sanksi ekonomi dan keuangan terhadap Iran.

Mahan Air dikabarkana telah membeli sembilan pesawat penumpang bekas milik kedua maskapai penerbangan tersebut di atas, bulan ini. Pesawat-pesawat penumpang tersebut adalah jenis Airbus A340 dan satu pesawat Airbus A320.

Sanksi tersebut berbentuk pembekuan asset-asset milik kedua maskapai penerbangan tersebut di atas serta larangan entitas AS untuk melakukan hubungan bisnis dengan mereka.

“Kami akan terus aktif mengkonter tindakan-tindakan pengelakan atas sanksi terhadap Iran,” kata pejabat Asisten Menkeu AS Adam J. Szubin, seperti dilansir Press TV, Jumat (22/5).

Mahan Air sendiri termasuk dalam daftar entitas Iran yang terkena sanksi AS karena dituduh membawa senjata ilegal tahun 2011.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL