isis anbarBaghdad, LiputanIslam.com — Iran telah melakukan serangan udara terhadap posisi-posisi kelompok teroris ISIS di Irak dalam beberapa hari terakhir. Demikian pernyataan Dephan AS sebagaimana dilaporkan BBC News, Rabu (3/12).

Pernyataan Jubir Dephan AS Rear Admiral John Kirby itu menyusul laporan-laporan yang menyebutkan bahwa pesawat-pesawat tempur Iran telah melancarkan serangan terhadap ISIS di Provinsi Diyala, Irak timur.

“Kami memiliki indikasi-indikasi bahwa mereka (Iran) telah melakukan serangan-serangan udara dengan pesawat F-4 Phantoms dalam beberapa hari terakhir ini,” kata Kirby.

Menurut Kirby hal itu menjadi kewenangan pemerintah Irak untuk menjalin bekerjasama dengan negara lain, termasuk Iran, untuk menggunakan wilayah udaranya.

AS dan sekutu-sekutunya telah melancarkan serangan-serangan udara terhadap ISIS di Irak sejak Agustus lalu. Namun AS dan Iran saling menolak untuk bekerjasama dalam memerangi kelompok ISIS. Selama ini Iran lebih banyak mengkonsentrasikan diri melakukan operasi inteligen di darat dalam operasinya melawan ISIS, dan berhasil membantu pasukan Irak merebut sebagian besar wilayah yang diduduki ISIS.

“Kami melakukan misi-misi penerbangan di atas Irak, dengan berkoordinasi dengan pemerintah Irak. Terserah kepada keputusan pemerintah Irak untuk membiarkan wilayah udaranya digunakan negara lain. Tidak ada yang berubah dengan kebijakan kami untuk tidak bekerjasama dengan Iran,” kata Kirby.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL