victory dayParis, LiputanIslam.com — Berbagai acara digelar di negara-negara Eropa dan Amerika untuk memperingati Hari Kemenangan (Victory Day) Perang Dunia II yang ke-70 tahun, Jumat (8/5).

Kota-kota Paris, London, Berlin, Washington DC dan Gdansk di Polandia hari ini didominasi oleh acara tersebut. Namun di ibukota Rusia, Moscow, acara peringatan baru akan digelar hari Sabtu (9/5). Demikian seperti dilaporkan BBC News.

Di Paris, Menlu AS John Kerry bergabung dengan para pejabat Perancis melakukan upacara di makam pahlawan Arc de Triomphe. Sedangkan di Gdansk, upacara peringatan dilakukan lebih awal, yaitu selepas Kamis tengah malam hingga Jumat  dinihari.

Di kota yang menjadi awal perang ini, yaitu ketika Jerman menginvansi Polandia tahun 1939, upacara peringatan ditandai dengan penembakan 21 meriam.

Dalam pidatonya, Presiden Polandia Bronislaw Komorowski mengatakan perang dimulai oleh kerjasama dua kekuatan totaliter, yaitu Nazi Jerman dan komunis Uni Sovyet di Rusia yang berujung pada pembentukan pemerintahan komunisme dan kebijakan tirai besi. Namun pada akhirnya terbentuk integrasi negara-negara Eropa menjadi Uni Eropa.

Acara di Gdansk ini dihadiri oleh Sekjen PBB Ban Ki-moon dan beberapa pemimpin negara seperti Bulgaria, Republik Cheko, Estonia, Lithuania, Rumania dan Ukraina.

Acara di Polandia itu seolah menjadi saingan bagi acara yang digelar di Moskow, hari Sabtu, yang diboikot oleh negara-negara barat karena konflik Ukraina namun dihadiri oleh sekutu-sekutu Rusia.

Sementara itu di Jerman, parlemen negara itu menggelar sidang khusus dimana para anggota parlemen memberikan penghormatan kepada negara-negara Sekutu dan Uni Sovyet yang berhasil mengalahkan regim Nazi Jerman sekaligus menghentikan perang.

Ketua parlemen Jerman Norbert Lammert menyebut tanggal 8 Mei 1945 sebagai ‘hari pembebasan’ bagi rakyat Jerman.

Pada tanggal 8 Mei 1945 Nazi Jerman menyerah setelah pasukan Uni Sovyet dan Sekutu berhasil menduduki kota Berlin. Namun masih membutuhkan waktu 3 bulan lagi untuk berakhirnya Perang Dunia II setelah Jepang pun akhirnya menyerah.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL