New York, LiputanIslam.com—Amerika Serikat dilaporkan telah mengeluarkan draft resolusi di Dewan Keamanan PBB yang berisi sanksi-sanksi baru terhadap Korea Utara.

Draft resolusi ini diperkirakan akan diberikan kepada PBB untuk nantinya di voting pada hari Jumat, seperti dilansir dari AFP pada Kamis (1/6/17).

Isi draft mengecam ujicoba nuklir dan rudal yang dilakukan militer Korut baru-baru ini. Sanksi diberikan kepada 14 orang dan 4 badan yang dituduh berkontribusi atas adanya program rudal Korut, dengan memblokir aset-aset mereka dan melarang perjalanan ke luar negeri.

Pada minggu lalu, Dewan Keamanan PBB mengecam ujicoba Korut terbaru, dan meminta komite sanksi PBB untuk meningkatkan upaya mereka untuk mengeluarkan sanksi terhadap negara pimpinan Kim Jong-un itu.

Anggota PBB telah setuju untuk “mengambil langkah signifikan” untuk memaksa Korut menghentikan “perilaku penghancuran” mereka.

Korea Utara telah lama berada di tengah kepungan sanksi karena program rudal dan nuklir. Menurut mereka, langkah itu dilakukan untuk melindungi diri dari ancaman militer AS. Pemerintah Kim Jong-un juga mengatakan, mereka tidak akan menghentikan program itu sampai AS menghentikan ancaman terhadap Pyongyang. (ra/presstv)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL