Washington, LiputanIslam.com—Pemerintah AS berencana untuk menjatuhkan sanksi finansial terhadap Venezuela dengan mencegah ekpor minyak negara anggota OPEC itu.

Menurut informasi dari kantor berita Reuters pada Sabtu (22/7/17) dari beberapa sumber, sanksi ini mencegah transaksi minyak apapun dari Venezuela dengan mata uang AS. Perusahaan atau bank apapun yang melakukan jual-beli dengan perusahaan minyak negara Amerika Selatan itu akan terkena hukuman.

Langkah AS ini ama dengan apa yang dilakukan pemerintahan Barack Obama terhadap Iran atas program nuklir mereka.

Sebelumnya, Presiden Trump mengancam akan menjatuhkan sanksi kecuali Presiden Venezuela Nicolas Maduro mau menghentikan rencana pembaruan Kongres yang akan dapat menggantikan konstitusi pemerintahan Venezuela.

Maduro menegaskan bahwa konstitusi baru dibutuhkan untuk “mengembalikan kedamaian”, menghentikan oposisi untuk melaksanakan kudeta, dan memperbaiki masalah sosial dan ekonomi lainnya.

Maduro sebelumnya berkali-kali mengecam “intervensi imperialis” yang dilakukan AS terhadap negaranya.

“Venezuela bebas dan bersatu melawan ancaman sebuah pemerintah xenophobia dan rasis…. (dan) upaya intervensi brutal AS,” ujar Menlu Venezuela, Samuel Moncada, pada Selasa (18/7/17) lalu. (ra/presstv)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL