obamaWashington DC, LiputanIslam.com — Presiden Barack Obama menyatakan Amerika Serikat akan menjadi tuan rumah pertemuan internasional tingkat tinggi melawan ISIS.

Pertemuan puncak untuk melawan kelompok teroris di Suriah dan Irak itu dijadwalkan diadakan di New York pada bulan depan. Demikian pernyataan sejumlah diplomat AS seperti dilansir Antara, Kamis (13/8).

Pertemuan dalam rangka melawan ekstremisme dan kekerasan pada 29 September itu diselenggarakan satu tahun setelah Obama bersumpah menghancurkan ISIS dalam pidatonya di PBB. Sejak itu, pegaris keras tersebut justru menguasai wilayah yang luas di Suriah dan Irak serta memperoleh pijakan baru di Libya, Yaman, dan tempat lain di Timur Tengah, termasuk bersekutu sejauh di Nigeria dengan Boko Haram.

Pada hari Rabu (12/8), ISIS menayangkan gambar di Twitter tentang korban kekejian mereka asal Kroasia, yang diculik di Mesir dan dipenggal kepalanya oleh kelompok tersebut.

AS pada tahun lalu menghimpun koalisi dari 50 negara untuk mengalahkan ISIS yang menyatakan kekhalifahan pada bulan Juni 2014 lalu setelah merebut kota Mosul di Irak utara.

Para diplomat mengatakan pertemuan puncak yang akan diadakan di sela-sela pertemuan tahunan Majelis Umum PBB memungkinkan para pemimpin untuk mengambil kesempatan dan memetakan jalan ke depan dalam kampanye untuk mengalahkan ISIS.

Pada tahun lalu, AS menjadi tuan rumah pertemuan Dewan Keamanan di mana sebuah resolusi diadopsi untuk mengekang arus pejuang asing untuk bergabung dengan ekstemis ISIS di medan perang Irak dan Suriah. Namun, pemantau PBB melaporkan bahwa jumlah pejuang asing telah meningkat sedikitnya 22.000 dan tidak ada tanda arus tersebut mereda.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL