f-35Washington DC, LiputanIslam.com — Wakil Presiden AS Joe Biden mengatakan bahwa Israel akan mendapatkan pengiriman pesawat-pesawat tempur siluman F-35 tahun depan untuk mempertahankan dominasi udaranya di kawasan.

Seperti dilansir Russia Today dengan mengutip Reuters, Jumat (24/4), Biden membuat pernyataan itu dalam peringatan kemerdekaan Israel di Washington DC.

Hubungan kedua negara berada di titik paling buruk saat ini oleh penentangan AS atas pembangunan pemukiman-pemukiman ilegal di wilayah pendudukan Palestina serta penentangan Israel atas perundingan nuklir Iran. Namun keduanya terus menjalin kerjasama keamaan dan militer.

“Tahun depan kita akan mengirimkan ke Israel pesawat F-35 Joint Strike Fighter, yang terbaik milik kita, untuk membuat Israel satu-satunya negara di Timur Tengah yang memiliki pesawat generasi kelima,” kata Biden.

Menurut laporan Haaretz telah tercapai kesepakatan pembelian 14 pesawat F-35 oleh Israel senilai $110 juta per-pesawat. Ini merupakan tambahan dari kesepakatan sebelumnya tahun 2010 dimana Israel akan mendapatkan 19 pesawat F-35, 2 di antarnya bahkan sudah akan diterima tahun depan, sementara lainnya akan dikirim bertahap hingga tahun 2021.

Pesawat F-35 merupakan pesawat tempur paling mahal yang pernah dibuat AS, namun efektifitasnya masih diragukan hingga saat ini setelah ditemukannya berbagai kesalahan teknis hingga kecelakaan fatal. Hingga saat ini pesawat-pesawat F-35 ini belum dioperasikan secara penuh dan sampai saat ini hanya satu negara yang membelinya sebagai alat pertahanan, yaitu Inggris, itupun belum juga beroperasi sesuai jadwal.

Awal bulan ini Komisi Persenjataan Senat AS menemukan bahwa perangkat lunak sistem pemeliharaan pesawat ini memberikan data yang salah dengan tingkat kesalahan hingga 80%. Tahun lalu petinggi Boeing yang merupakan saingan Lockheed Martin yang membuat F-35 menuduh pesawat ini kurang efektif untuk menghadapi pesawat-pesawat tempur generasi kelima Rusia dan China.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL