pesawat pembom as b-52Stockholm, LiputanIslam.com — Dephan AS berencana mengirimkan pesawat-pesawat pembom nuklir strategis ke Swedia untuk mengikuti latihan tempur di negara Skandinavia itu bulan depan.

Seperti dilaporkan kantor berita Iran Press TV, Ahad (24/5), pesawat-pesawat pembom B-52 Stratofortress itu akan berpartisipasi dalam latihan perang laut pada tanggal 13 Juni.

Pesawat-pesawat itu akan terbang non-stop dari pangkalannya di AS dan melakukan penyebaran ranjau-ranjau anti-kapal di dekat Ravlunda di Laut Baltik. Sementara pasukan AS akan  melakukan operasi militer pertahanan pantai menghadapi serangan pasukan amphibi lawan.

Jendral Engelbrektson, jubir militer Swedia, mengatakan tujuan latihan itu untuk ‘meningkatkan kemampuan operasi yang berbeda’ serta untuk ‘memberi tanda kepada negara lain bahwa kami memiliki sekutu’.

Di tengah krisis AS dan negara-negara Uni Eropa dengan Rusia terkait dengan konflik di Ukraina, pernyataan tersebut bisa diartikan ditujukan kepada Rusia.

“Bagaimana Rusia mengartikannya, mereka bisa memutuskan untuk mereka sendiri,” tambah Engelbrektson.

Sementara itu AS terus melakukan penambahan kekuatannya di negara-negara Eropa timur dekat perbatasan Rusia. Pada tanggal 30 April lalu setidaknya 4 pesawat serbu darat A-10 Thunderbolt II tiba di pangkalan udara Ämari, Estonia.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL