latihan perang cobraBangkok, LiputanIslam.com — AS akan menggelar latihan perang besar-besaran di Thailand tahun depan, di tengah krisis politik di kawasan Asia Tenggara akhir-akhir ini.

Seperti dilaporkan kantor berita Press TV, Jumat (12/6), pejabat tinggi Departemen Luar Negeri AS Scot Marciel, hari Kamis (11/6) mengatakan bahwa pemerintah AS telah memutuskan untuk melanjutkan persiapan latihan perang yang akan digelar tahun 2016 itu.

Latihan perang bersandi ‘Cobra Gold’, yang merupakana latihan perang tahunan terbesar di Asia Pasifik itu telah mulai dijalankan sejak tahun 1982.

Marciel mengatakan di depan dengar pendapat Congress bahwa latihan perang tersebut sangat penting bagi keamanan AS dan negara-negara di kawasan. Namun karena situasi politik di Thailand yang masih belum stabil, skala latihan tersebut akan diturunkan sedikit.

Dalam latihan perang tahun lalu lebih dari 13.000 tentara dari AS, Thailand, Jepang, Indonesia, Malaysia, Singapura dan Korsel turut terlibat.

Marciel juga mengatakan bahwa pemerintah AS prihatin dengan pemerintah Thailand yang dianggap gagal membawa reformasi demokrasi. AS telah menghentikan bantuan militernya ke Thailand menyusul kudeta militer tahun lalu.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL