uss george washingtonYokosuka, LiputanIslam.com — Armada ke-7 AL AS yang bermarkas di Jepang menegaskan dukungannya bagi pelaksanaan patroli bersama negara-negara ASEAN di Laut Cina Selatan.

Hal itu disampaikan Panglima Armada ke-7 AL AS, Laksamana Madya Robert Thomas dalam pertemuan dengan para pemimpin Angkatan Laut (AL) ASEAN, baru-baru ini.

Sebagaimana dilansir Antara dengan mengutip situs resmi AL AS, Kamis (2/4), Thomas menyebut keberhasilan patroli multinasional terkoordinasi di Selat Malaka yang dilakukan TNI AL, AL Kerajaan Thailand, AL Malaysia, dan AL Singapura, dengan observasi dari beberapa pihak lain.

Armada Ketujuh AL AS bertanggung jawab pada wilayah Pasifik Barat. Armada ini dipimpin oleh kapal induk bertenaga nuklir USS George Washington dan telah terlibat dalam sejumlah konflik terkenal di kawasan, termasuk Perang Korea, Perang Vietnam dan Perang Teluk.

“Jika negara-negara ASEAN menginginkan mengambil pimpinan dalam menyelenggarakan sesuatu dalam konteks ini, percayalah saya, Armada Ke-7 Amerika Serikat siap mendukung,” katanya.

Sebelumnya, Pentagon mengeluarkan pernyataan bahwa departemen itu menyambut baik kolaborasi peningkatan keamanan di Asia Pasifik, termasuk upaya yang dipimpin ASEAN.

“Kami yakin kerja sama yang baik di antara negara ASEAN adalah hal penentu dalam menjamin perdamaian dan kesejahteraan di kawasan itu,” kata juru bicara Pentagon, Henrietta Levin, secara terpisah.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL