Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Hamdan Zoelva (kiri) dan Wakil Ketua MK Arief Hidayat (kanan) melambaikan tangan usai mengucapkan sumpah jabatan pada sidang pleno khusus di Gedung MK, Jakarta, Rabu (6/11).Jakarta, LiputanIslam.com — Hakim konstitusi Arief Hidayat dilantik sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) pada hari ini, setelah terpilih secara aklamasi sebagai Ketua MK pada rapat pleno Senin lalu. Ia disumpah secara resmi untuk menggantikan tugas Ketua MK sebelumnya, Hamdan Zoelva.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan memenuhi keawjiban sebagai Ketua MK dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya,” ujar Arief saat mengucapkan sumpah,  di ruang sidang lantai 2, Gedung MK, Jl Medan Merdeka Barat Jakarta Pusat, Rabu, 14 Januari 2014, seperti dilansir detik.com.

“Memegang teguh UUD tahun 1945 dan menjalankan segala peraturan perundangan dengan selurus-lurusnya menurut UUD tahun 1945 serta berbakti pada nusa dan bangsa,” lanjut dia.

Acara pengambilan sumpah ini dihadiri oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla dan sejumlah menteri Kabinet Kerja. Hadir pula Ketua Mahkamah Agung, Hatta Ali.

Profil Arief Hidayat

Arief lahir di Kota Semarang pada tanggal 3 Februari 1956. Sebelum ditunjuk sebagai Ketua MK, Arief menjabat sebagai Wakil Ketua MK dengan masa jabatan pada periode 2013-2016.

Arief mendapat gelar sarjana hukum di Fakultas Hukum Universitas Diponegoro pada tahun 1980. Ia kemudian melanjutkan pendidikan S-2 pada Program Pascasarjana Ilmu Hukum Universitas Airlangga pada tahun 1984. Terakhir, Arief melanjutkan pendidikan S-3 pada Program Doktor Ilmu Hukum Universitas Diponegoro pada tahun 2006.

Berikut ini, profil lengkapnya, yang dikutip dari mahkamahkonstitusi.go.id;

Pendidikan :

SD, SMP, SMA di Semarang
S1 – Fakultas Hukum UNDIP – 1980
S2 – Program Pasca Sarjana Ilmu Hukum UNAIR – 1984
S3 – Program Doktor Ilmu Hukum UNDIP–2006

Karir :

1. Staf Pengajar Fakultas Hukum UNDIP
2. Staf Pengajar Program Magister Ilmu Hukum (S2 Ilmu Hukum) UNDIP
3. Staf Pengajar Program Magister Ilmu Lingkungan UNDIP
4. Staf Pengajar Program Doktor (S3) Ilmu Hukum UNDIP
5. Staf Pengajar Program Doktor Ilmu Lingkungan UNDIP
6. Dosen Luar Biasa pada Fakultas Hukum Program S2 dan S3 di berbagai PTN/PTS di Indonesia
7. Pengajar Kursus-kursus Amdal, Audit Lingkungan PPLH UNDIP
8. Pengajar Kursus-kursus Teknik Perundang-Undangan di UNDIP
9. Anggota Tim Assesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi – KEMDIKBUD RI
10. Anggota Tim Penilai Angka Kredit Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi KEMDIKBUD RI

Selain itu, menurut data Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang diserahkan Arief pada 23 Januari 2013, kekayaan Ketua MK yang baru ini mencapai Rp 2,026 miliar. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*