María-Servini-de-CubríaBuenos Aires, LiputanIslam.com — Seorang hakim di Argentina mengeluarkan perintah penangkapan terhadap 20 mantan pejabat Spanyol era pemerintahan Jendral Franco atas tuduhan melakukan tindakan pelanggaran serius.

Ke-20 mantan pejabat itu tidak dapat diadili di Spanyol karena adanya amnesti yang diberikan kepada mereka. Namun amnesti itu tidak berlaku di Argentina.

Para anggota keluarga korban pelanggaran regim Jendral Franco, sebagaimana dilaporkan BBC News, Minggu (2/10), telah meminta bantuan pengadilan Argentina untuk mengadili para pejabat itu, karena adanya perjanjian ekstradisi antara Spanyol dan Argentina.

Pada bulan April lalu, Pengadilan Tinggi Spanyol menolak mengekstradisi ke Argentina seorang mantan polisi yang dituduh melakukan tindakan kekerasan.

Hakim Maria Servini de Cubria mengeluarkan perintah penangkapan dan ekstradisi terhadap 2 mantan menteri dan 18 pejabat tinggi Spanyol lainnya karena melanggar “hukum internasional” yang memungkinkan para hakim untuk mengadili semua penjahat kemanusiaan di negara manapun.

Dengan menggunakan doktrin itu, Spanyol pernah menahan mantan diktator Chili Augusto Pinochet pada tahun 1998.

Kedua mantan menteri era regim Jendral Franco tersebut di atas adalah Rodolfo Martin Villa (79 tahun) yang adalah mantan menteri dalam negeri, serta Jose Uteri Molina (86 tahun) yang adalah mantan menteri perumahan.

Setelah kematian Jendral Franco pada tahun 1975, Spanyol mengeluarkan amnesti terhadap semua mantan pejabat era Jendral Franco sebagai langkah penyelesiaan krisis politik negara tersebut menuju demokrasi.

PBB telah meminta otoritas Spanyol untuk mencabut amnesti itu, namun sejauh ini ditolak.

Tahun lalu Hakim Servini juga mengeluarkan perintah penahanan dan ekstradisi terhadap polisi Spanyol Antonio Gonzalez Pacheco, yang dituduh melakukan penyiksaan. Namun Pengadilan Tinggi Spanyol menolaknya dengan dalih kasusnya telah kadaluarsa, sementera Pacheco sendiri menolak tuduhan itu.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL