samsung-apple.gi.topWashington, LiputanIslam.com — 2 produsen smartphone dan tablet terbesar di dunia, Apple dan Samsung, sepakat untuk melakukan “perang terbatas” dengan menarik semua tuntutan mereka satu sama lain di luar AS.

Selama ini keduanya telah saling mengajukan tuntutan atas berbagai hak paten di beberapa negara termasuk AS, Inggris, Korsel, Jepang dan Jerman.

Dalam sebuah pernyataan bersama, keduanya mengatakan bahwa persetujuan itu “tidak termasuk hal-hal terkait lisensi”, dan mereka akan melanjutkan kasus-kasus yang ada di pengadilan-pengadilan AS. Demikian laporan BBC, Rabu (6/8).

Konflik hukum kedua perusahaan itu diawali tahun 2011 ketika Apple menuntut Samsung di pengadilan AS. Apple menuduh produk Samsung, Galaxy, telah menjiplak produk iPhone dan iPad buatan Apple. Teknologi “membuka dengan menggeser” menjadi salah satu teknologi yang dituntut Apple atas Samsung.

Sebaliknya Samsung pun mengajukan tuntutan terhadap Apple di beberapa negara atas pelanggaran hak paten yang diklaim Samsung, di antaranya teknologi sinkronisasi foto, musik dan video di berbagai aplikasi, serta teknologi membuat dan mengirimkan video melalui internet.

Apple pun membalas mengajukan tuntutan balik di beberapa negara tersebut di atas, yang kini oleh keduanya telah disepakati untuk ditarik dan “pertempuran” difokuskan di AS saja.

Sejauh ini Apple telah memenangkan 2 tuntutan atas Samsung di pengadilan AS. Pada bulan Mei lalu sebuah pengadilan AS memerintahkan Samsung membayar $120 juta kepada Apple karena pelanggaran paten. Jumlah itu masih jauh di bawah tuntutan Apple sebesar $2,2 miliar. Sebaliknya pengadilan yang sama juga mendenda Apple $158.000 karena pelanggaran hak paten Samsung.

Tahun 2012, 2 tim juri yang terpisah memerintahkan Samsung membayar $1,05 miliar kepada Apple karena pelanggaran hak intelektual. Namun Samsung masih mengajukan perlawanan atas putusan ini.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL