yahudi eropaWina, LiputanIslam.com — Sentimen anti-semit di dunia maya melonjak tajam di Austria akhir-akhir ini. Demikain diungkapkan Kementrian Dalam Negeri Austria, seperti dilaporkan Sputnik News, Rabu (6/4).

Menurut laporan itu jumlah postingan yang dianggap cukup untuk diproses hukum karena mengandung anti-semitisme pada tahun 2015 lalu melonjak dua kali dari tahun sebelumnya.

Sejumlah faktor dianggap menjadi penyebab tingginya anti-semitisme, atau semangat anti-yahudi selain kebijakan Israel terhadap Palestina, di antaranya munculnya gerakan-gerakan ultra-nasionalis paska terjadinya serangan-serangan teroris di Eropa seperti serangan di Paris dan Brussels. Krisis pengungsi juga menjadi faktor tingginya anti-semitisme, demikian laporan itu menyebutkan.

Oskar Deutsch, ketua kelompok yahudi Austria, Jewish Communities of Austria (IKG), mengatakan tentang hal ini, “Gambaran seluruhnya adalah mengerikan.”

Di Austria terdapat sekitar 15.000 warga yahudi. IKG mengklaim orang-orang yahudi juga terancam oleh adanya krisis pengungsi.

“Ada perhatian di kalangan kami, bahwa bila proporsi Muslim terus bertambah karena adanya pengungsi, hal ini akan menjadi ancaman bagi kami,” kata Raimund Fastenbauer, Sekjen IKG.

Bulan lalu The European Union Agency for Fundamental Rights (FRA) mendesak Uni Eropa untuk melakukan upaya-upaya serius untuk mencegah tingginya anti-semitisme.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL