LiputanIslam.com – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengatakan bahwa wajah baru Jakarta bukan sekedar fisik, tapi juga gagasan di baliknya. Hal ini ia sampaikan dalam peringatan HUT Jakarta yang ke-492 di Taman O Cibubur, Jakarta Timur, Sabtu (27/4).

“Saya ingin garis bawahi ‘wajah baru Jakarta’ bukan sekedar wajah baru fisiknya saja. Yang harus kita ingat bahwa di balik wajah baru fisik, ada cara pandang yang baru. Kita ingin kebaruan itu dimulai dari pikiran sampai pada perbuatan,” ujar Anies dalam pidatonya.

Ucapannya tersebut dibuktikan dengan pembangunan trotoar yang akan diperbanyak di Jakarta agar para warga sehat karena jumlah pejalan kaki di ibu kota makin sedikit.

“Kita ingin masyarakat Jakarta lebih sehat. Sehat tidak kalau berjalan kaki? Sehat. Tapi makin hari, kita makin sedikit yang mau jalan kaki. Nah pemerintah akan bangun lebih banyak lagi trotoar,” tambahnya.

Selain trotoar, Anies pun akan membuat taman yang rumputnya bisa dijadikan area kegiatan, tidak hanya sekedar tontonan seperti konsep dahulu. Anies ingin taman dijadikan tempat untuk berinteraksi.

“Kalau sekarang justru rumputnya dipakai oleh anak-anak. Taman sebagai tempat kegiatan, bukan sebagai tempat untuk ditonton saja,” ucapnya lagi.

“Jadi inilah contoh bahwa kita ingin terjadi perubahan Jakarta bukan hanya secara fisik, tetapi perubahan secara cara pandang. Itu yang ingin kita lakukan,” tambahnya. (Ayu/Detik)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*