Washington, LiputanIslam.com – Angkatan Udara AS mengaku bahwa mereka telah melakukan uji coba bom nuklir terbaru untuk memeriksa apakah pesawat tempur mereka dapat mengangkut senjata mematikan tersebut. Demikian laporan dari kantor berita UPI pada Jumat (14/04)

Militer AU AS menjatuhkan bom B61-12, sebuah varian bom terbaru dari B-61 yang dulu pernah dijatuhkan oleh jet F-16 dalam latihan militer di Nevada.

Dalam uji coba tersebut, AU AS meninjau kontrol penembakan, alat pengukur radar, mesin roket dan kapabilitas jet tempur untuk menjatuhkan senjata.

Pusat Senjata Nuklir Angkatan Udara AS (AFNWC) telah bekerjasama dengan Badan Keamanan Nuklir Nasional di Departemen Energi untuk meningkatkan masa pakai bom B61-12. Varian baru ini akan menggantikan empat versi lama dari B61 di gudang senjata nuklir AS.

Bom ini kompatibel dengan pesawat AU B-2A, B-21, F-15E, F-16C / D, F-16 MLU, F-35 dan PA-200.

Presiden Donald Trump sebelumnya mengatakan bahwa dia akan mengembangkan persenjataan nuklir AS agar negaranya berada di puncak persenjataan dunia.

Uji coba nuklir AS ini dilakukan di tengah ketegangan antara AS dan Korea Utara. Washington mengancam akan menyerang Korut jika pemerintah Pyongyang berani melakukan uji coba nuklir yang keenam kali. (AL/Presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL