angkasawan rusia asBaikonur, LiputanIslam.com — Astronot AS Scott Kelly dan kosmonot Rusia Mikhail Kornienko memulai misi luar angkasa selama 12 bulan, Sabtu (27/3) dini hari. Keduanya meluncur ke luar angkasa dengan pesawat Soyuz Rusia dan akan tinggal di stasiun luar angkasa internasional (ISS) selama misi tersebut berlangsung.

Ini akan menjadi misi terlama angkasawan yang tinggal di obyek berketinggian 400 km dari muka bumi ini. Para ahli berharap mendapatkan data-data tentang efek hidup di ruang tanpa gravitasi untuk waktu yang lama. Data tersebut diperlukan bagi misi masa depan untuk meluncurkan manusia ke Mars. Demikian BBC melaporkan.

Dalam peluncuran tersebut kedua angkasawan tersebut ditemani oleh kosmonot Rusia Gennady Padalka. Namun ia akan menjalani misinya secara normal, yaitu hanya 6 bulan.

Misi penerbangan dan hingga penempatan para angkasawan ke dalam ISS membutuhkan waktu enam jam.

Namun, meski misi tersebut akan menjadi misi terlama di ISS, sejumlah kosmonot Rusia telah mencatat rekor tingggal stasiun ruang angkasa Rusia MIR, lebih lama dari 12 bulan. Pada tahun 1994-1995 kosmonot Valeri Polyakov tinggal di MIR selama 437,7 hari dan 3 kosmonot lain tercatat telah tinggal lebih dari setahun di stasiun angkasa MIR.

“Terakhir angkasawan tinggal lama di luar angkasa adalah lebih dari 20 tahun lalu, dan teknik-teknik ilmu pengetahuan telah jauh lebih maju saat ini,” kata Kornienko dalam pernyataan sebelum peluncuran.

“Dan kini kami akan menguji kemampuan manusia melakukan penerbangan yang lama. Jadi inilah tujuan utama penerbangan kami, untuk menguji kemampuan kami,” tambahnya.

Dalam misinya itu para angkasawan akan dilengkapi dengan makanan dan latihan-latihan pergerakan yang lebih baik untuk mencegah pengeroposan tulang dan pelemahan otot tubuh yang dialami para angkasawan terdahulu. Namun para ahli masih belum memiliki data tentang pengaruh tinggal lama di luar angkasa dengan sistem kekebalan tubuh dan kesehatan mata.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*