London, LiputanIslam.com–Lebih dari 320.000 warga Inggris pada tahun ini tercatat sebagai tunawisma, berdasarkan data dari lembaga amal untuk tunawisma, Shelter.

Data ini menunjukkan bahwa tingkat tunawisma di Inggris meningkat lebih dari 1.000 orang perbulannya dan 13.000 orang dalam setahun. Sebagai perkiraan, satu dari 200 orang di Negeri Ratu Elizabeth itu merupakan tunawisma.

Shelter memperingatkan bahwa meskipun pemerintah telah berulang kali berjanji untuk menyelesaikan isu ini, masalah biaya sewa rumah yang tidak terjangkau dan kurangnya perumahan sosial belum teratasi sampai sekarang.

Di ibukota London saja, satu dari 52 orang, yaitu hampir 170.000 jiwa, hidup tanpa rumah. Di kota Brighton, angkanya adalah 1 dari 67, di Birmingham 1 dari 73, dan di Manchester 1 dari 135.

Data-data ini menunjukkan bagaimana masalah tunawisma telah menyebar ke luar jantung London, semuanya dampak dari biaya sewa rumah yang tinggi dan pemotongan tunjangan kesejahteraan.

“Akibat badai pemotongan tunjangan kesejahteraan dan kurangnya layanan perumahan sosial, [semakin banyak] orang yang tidur di jalanan atau di ruang hostel sempit. Kita sangat membutuhkan tindakan segera untuk mengubah masa depan ratusan ribu orang,” kata kepala eksekutif Shelter, Polly Neate. (ra/presstv)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*