ruu anti-islamophobiaWashington DC, LiputanIslam.com — Sejumlah anggota parlemen AS dari Partai Demokrat mengajukan sebuah resolusi mengutuk aksi-aksi kekerasan, bigotri dan kebencian terhadap warga Muslim di negara itu.

Seperti laporan Press TV mengutip laporan Washington Times, Rabu (30/12), Representatives Don Beyer, Eleanor Holmes Norton, Joe Crowley, Betty McCollum, Keith Ellison, dan Andre Carson, bersama 67 anggota parlemen lainnya, mengajukan resolusi (RUU) itu bulan ini.

Langkah itu menyusul sejumlah aksi kekerasan terhadap warga Muslim di AS setelah terjadi aksi penyerangan di San Bernardino, California, yang diklaim sebagai aksi kelompok teroris ISIL, dimana 14 orang tewas sebagai korbannya.

Menurut resolusi parlemen (House Resolution) nomor 569, para korban kejahatan Islamophobi adalah mereka yang mengalami serangan fisik, verbal dan mental karena mereka adalah pengikut Islam. Resolusi itu mendesak parlemen (The House) untuk mengekspresikan simpati kepada mereka dan mengutuk para pelaku kejahatan itu dengan ‘kutukan yang paling keras’.

Selain itu resolusi juga mendesak parlemen untuk membuat pengakuan tentang kontribusi besar yang dilakukan kaum Muslim di AS.

“Kita harus menunjukkan bahwa kita tidak akan mentoleransi diskriminasi anti-Muslim dan bahwa mereka yang melakukannya tidak mencerminkan budaya kita yang kita rayakan,” kata Rep. Beyer dalam pernyataanya.

“Kinilah saatnya parlemen berdiri untuk mengutuk aksi-aksi kejahatan ini yang bertentangan dengan nilai-nilai bangsa Amerika,” tambahnya.

“Seperti kita lihat banyak warga kita yang mengungkapkan ketakutan mereka (atas Islamophobia), dan para pemimpin di tiap tingkatan menanggung kewajiban untuk memimpin,” kata Rep. Holmes Norton menambahkan.

“Kekhawatiran rakyat Amerika tentang terorisme setelah serangan Paris dan San Bernardino bisa difahami, namun menjadi Islamophobia adalah tidak bisa diterima karena berbahay. Tujuan utama terorisme adalah menciptakan keterpecah-belahan. Mereka akan kalah jika kita memeluk saudara-saudara kita yang Muslim,” katanya lagi.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL