india warshipsNew Delhi, LiputanIslam.com — Angkatan Laut India menarik 2 kapal perangnya dari pelabuhan Calcutta setelah aparat inteligen mengeluarkan peringatan tentang ancaman serangan terorisme.

Sebagaimana dilaporkan BBC News, Rabu (5/11), akibat peringatan itu AL India menarik 2 kapal perangnya dari pelabuhan Calcutta dengan dalih “alasan-alasan operasional”. Namun para pejabat Satuan Pengawal Pantai menyebutkan penarikan kapal-kapal itu karena ancaman serangan teroris.

Langkah India ini dilakukan selang 2 hari setelah serangan maut di pos perbatasan Pakistan dengan India yang menewaskan 50 orang.

Dua kapal perang India, INS Khukri dan INS Sumitra, telah berlabuh di pelabuhan Calcutta sebagai pameran bagi masyarakat yang digelar menjelang Hari Angkatan Laut bulan depan. Keduanya ditarik ke laut pada hari Selasa (4/11). Demikian Jubir AL Kapten DK Sharma mengatakan.

“Seperti tahun-tahun sebelumnya, kapal-kapal itu akan kembali pada saat kesempatan ada,” kata Sharma kepada AFP.

Sementara itu pejabat senior Satuan Pengawal Pantai BN Mahato, mengatakan: “Kami menerima faksimili pada hari Selasa siang dari inteligen pusat yang memperingatkan kemungkinan serangan teror di Calcutta, khususnya di wilayah pelabuhan.”

“Kami telah mengerahkan kapal hovercraft untuk mengintensifkan pengawasan di Teluk Bengala,” tambahnya.

Meski detil dari peringatan itu tidak disebutkan, kepala polisi Calcutta Surajit Kar Purkayastha juga mengatakan bahwa keamanan telah ditingkatkan di daerah pelabuhan berdasarkan peringatan dari inteligen.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL