Minnepolis, LiputanIslam.com—Analis dan kontributor media Mintpress News, Whitney Webb, menyebut krisis kemanusiaan di Yaman dan Palestina selama ini telah menguntungkan untuk industri Barat.

Dalam artikel analisisnya yang dimuat di website Mintpress pada 18 Juli 2017, Webb menulis ketika media mainstream didominasi pemberitaan anti-Rusia, laporan tentang dua krisis kemanusiaan terbesar di dunia, yaitu di Yaman dan Gaza, malah diabaikan. Kedua krisis ini mendapat sedikit perhatian media sejak hebohnya pemberitaan tentang peperangan Aleppo, Suriah, dan krisis politik di Venezuela.

Kondisi di dua kawasan ini semakin buruk dari hari ke hari. Di Yaman, hanya dalam tiga tahun agresi militer Saudi, sebanyak 7 juta rakyat Yaman mengalami kelaparan dan wabah kolera.

Sementara di Gaza, penderitaan disebabkan oleh blokade rezim Israel selama 10 tahun di kawasan itu. Dampaknya, kebanyakan rakyat Gaza tidak mendapat suplai listrik, layanan kesehatan, air bersih, makanan, dan kebutuhan lainnya.

Webb menulis, dalam krisis-krisis tersebut, negara pelaku kejahatan yaitu Arab Saudi dan Israel menjadi ‘pelanggan’ atau konsumen terbesar senjata perang dari AS.

AS diketahui menyuplai Saudi dengan senjata bernilai milyaran dollar. Pembelian terakhir berjumlah 110 juta dollar yang ditandatangani Presiden Donald Trump. Pemerintah Inggris juga menjual lebih dari $3,9 milyar kepada Saudi selama dua tahun terakhir.

Menteri Dalam Negeri Inggris, Amber Rudd, mengatakan penjualan tersebut “bagus untuk industri.” Maka, tulis Webb, secara logika, mengakhiri konflik di Yaman akan buruk untuk bisnis Inggris.

AS juga berperan dalam krisis di Gaza. AS adalah sekutu  terbesar Israel, dan sudah lama mendukung rezim Israel dengan mencegah kritik yang dikeluarkan Dewan Keamanan PBB.

Selain itu, militer Israel diketahui menerima bantuan militer sebanyak $9,8 juta setiap hari dari AS, dan menjadikannya penerima bantuan militer terbesar dari negeri Paman Sam itu. (ra/mintpress)

 

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL