aktifis cinaHong Kong, LiputanIslam.com — Amnesti Internasional, hari Senin (28/9), menyerukan pembebasan delapan antifis Cina yang terancam hukuman penjara karena mengunggah pesan dan gambar mendukung unjuk rasa pro-demokrasi Hong Kong tahun 2014.

Seperti dilansir Antara, para aktifis itu ditahan atas dugaan memicu subversi terhadap kekuasaan pemerintah setelah mengangkat spanduk dengan pesan, seperti, “Dukung perjuangan kemerdekaan Hong Kong”, menghadapi ancaman penjara hingga 15 tahun jika bersalah. Mereka didakwa “memicu subversi atas kekuasaan pemerintah” dan mengumpulkan massa untuk mengganggu ketertiban di tempat umum”.

Human Rights Watch pada pekan lalu juga mengeluarkan pernyataan meminta pemerintah Hong Kong membatalkan dakwaan terhadap pegiat Hong Kong, menyelidiki penanganan unjuk rasa pro-demokrasi, dan memulai kembali reformasi pemilihan umum.

Kementerian Luar Negeri Cina dan perwakilannya di Hong Kong tidak memberikan tanggapan atas isu tersebut. Sementara polisi Hong Kong mengatakan pendirian politik seseorang bukan menjadi pertimbangan penahanan ataupun tindakan hukum.

Departemen Kehakiman Hong Kong menolak berkomentar atas kasus tersebut sebelum digelarnya pengadilan, namun mengatakan tidak ada pembenaran untuk membatalkan dakwaan kriminal, hanya karena orang ingin mengekspresikan aspirasi politik mereka.

Hari Senin kemarin, menandai setahun unjuk rasa pro-demokrasi Hong Kong, di mana para aktifis memblokir jalan-jalan utama di kota itu selama 79 hari, menuntut nominasi terbuka pemilihan ketua eksekutif Hong Kong pada 2017.

Berdasarkan atas laporan Amnesti International, pegiat Cina Sun Feng yang mencoba pergi ke Beijing dengan usulannya sendiri untuk reformasi pemilu Hong Kong, serta lima pegiat lain – Su Changlan, Chen Qitang, Wang Mo, Xie Wenfei and Zhang Shengyu – terancam hukuman penjara hingga 15 tahun. Pegiat Ji Sizun terancam penjara hingga 20 tahun dan Ye Xiaozheng lima tahun penjara.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL