SWITZERLAND_US_RUS_1583338fTeheran, liputanislam.com — Para pajabat Amerika dikabarkan mengusulkan pembentukan sebuah kelompok 5 negara untuk menyelesaikan krisis Suriah. Ke 5 anggota kelompok tersebut adalah Amerika, Rusia, Iran, Saudi dan Turki. Usulan tersebut telah beredar di antara diplomat yang mengikuti pertemuan internasional tentang keamanan di Munchen, Jerman, baru-baru ini.

Kabar mengenai usulan tersebut muncul di media Rusia ITAR-TASS setelah mengutip dari media Rusia lainnya, Mommersant.

“Amerika telah mengusulkan 5 partisipan, Russian, Amerika, Saudi Arabia, Turki dan Iran pada jalur paralel ini,” tulis ITAR-TASS. Paralel yang dimaksud adalah fungsinya yang mendukung Konperensi Genewa II untuk menyelesaikan konflik Suriah.

Menurut ITAR-TASS dan Kommersant Rusia secara umum menyetujui usulan tersebut. Rusia selama ini menginginkan Iran dilibatkan dalam perundingan tentang Suriah dan menyebut ketidak hadirannya dalam Konperensi Genewa II sebagai “kesalahan besar”.

Sementara itu Konperensi Genewa II bakal memasuki Babak II perundingan bulan depan setelah mengalami jalan buntu pada perundingan Babak I baru-baru ini. Sekjen PBB Ban Ki-moon sebelumnya telah mengundang Iran untuk hadir dalam perundingan, namun membatalkannya secara tiba-tiba sehari sebelum perundingan dimulai tgl 22 Januari lalu. Iran menuduh Ban berada di bawah tekanan Amerika dalam keputusan pembatalan tersebut.

Perundingan Trilateral Iran-Swiss-Suriah

Di sisi lain, Iran kini tengah menggelar pembicaraan trilateral bersama Suriah dan Swiss untuk mengatasi masalah bantuan kemanusiaan bagi Suriah. Pejabat-pejabat penting ketiga negara memulai pembicaraan di Teheran, hari Selasa (4/2).

Dalam pertemuan terpisah dengan diplomat Swiss yang mengetuai delegasi Swiss, Manual Besler, Deputi Menlu Iran Hossein Amir-Abdollahian mengatakan bahwa saat ini adalah kondisi yang tepat untuk mengirimkan bantuan kemanusiaan kepada rakyat Suriah. Amir-Abdollahian juga memuji peran Swiss untuk membantu mengatasi masalah kemanusiaan di Suriah.

Sementara Besler, memuji peran Iran yang telah mengambil inisiatif pertemuan trilateral tersebut dan menegaskan bahwa bantuan yang diberikan Swiss untuk Suriah adalah murni bersifat kemanusiaan dan bukan karena motif lain.

Kedua pejabat yang juga hadir dalam Konperensi Genewa II, juga saling bertukar pikiran tentang jalannya konperensi tersebut dan menegaskan peran sentral rakyat Suriah dalam menentukan nasib mereka sendiri.(ca/press tv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL