iran-media-television_beh123_3711927Washington, DC., LiputanIslam.com — Amerika mencabut untuk sementara sanksi terhadap media resmi pemerintah Iran Islamic Republic of Iran Broadcasting (IRIB). Demikian pernyataan seorang pejabat tinggi Amerika kepada kantor berita Amerika Associated Press, Kamis (6/2).

Menurut pejabat yang tidak disebutkan namanya itu kepada Associated Press, Amerika mencabut sanksi terhadap IRIB selama 6 bulan untuk memungkinkan perusahaan-perusahaan non-Amerika untuk memberikan layanan satelit kepada IRIB.

Laporan tersebut menyebutkan bahwa perusahaan-perusahaan penyedia layanan jasa satelit tersebut tidak akan mendapatkan sanksi apapun dari pemerintah Amerika selama masa pencabutan sementera tersebut. Laporan juga menyebutkan bahwa Amerika akan mengevaluasi langkah tersebut selama 60 hari, dan sanksi kembali bisa diterapkan kembali jika keadaan memerlukannya.

Sampai saat ini belum ada keterangan resmi dari pejabat Iran atau IRIB tentang hal ini.

Pemerintah Amerika telah menuduh media-media Iran telah memblokir saluran-saluran media asing. Namun tuduhan-tuduhan tersebut telah dibantah oleh Iran.

Para aktifis media massa menyebut sanksi terhadap media-media massa Iran sebagai kampanye melawan kebebasan berekspresi dan menyampaikan pendapat, yang berarti juga melawan demokrasi.

Jadi Sasaran Sebanyak 66 x Dalam 3 Tahun
Sementara itu pimpinan IRIB menyebutkan bahwa media yang dipimpinnya telah dihentikan operasinya oleh 27 satelit sebanyak 66 kali dalam 3 tahun terakhir.

Ezzatollah Zarghami, pejabat tertinggi IRIB, memberikan pernyataan tersebut id hadapan organisasi jurnalis muda Iran, Young Journalists’ Club (YJC) hari Kamis (6/2).

Kecuali itu Zarghami juga menyebutkan bahwa IRIB telah berulangkali diblokir operasionalnya oleh musuh-musuh Iran.

“Ini terjadi saat Iran dituduh telah men-jamming broadcaster radio dan televisi asing, dan terkadang disebut juga bahwa pelaku pemblokiran berasa dari luar Iran,” kata Zarghami seraya menegaskan bahwa di dunia modern kebebasan saluran informasi serta pencerahan yang dilakukan media-media independen tidak bisa diblokir.(ca/press tv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL