USSTheSullivans-firingmissiBeijing, LiputanIslam.com — Menhan AS Ash Carter mengancam Cina dengan ‘konsekuensi spesifik’ atas langkah Cina yang disebut telah melakukan ‘militerisasi kawasan Laut Cina Selatan’.

Berbicara di depan Commonwealth Club di San Francisco, Selasa kemarin (1/3), Ash Carter menyebut Cina telah melakukan langkah-langkah yang agresif di kawasan.

“Cina tidak boleh melakukan militerisasi di Laut Cina Selatan. Tindakan-tindakan spesifik akan menimbulkan konsekuensi yang spesifik pula,” katanya seperti dilaporkan Press TV.

Carter tidak menjelaskan lebih rinci ancaman ‘konsekuensi spesifik’ tersebut, namun publik mengetahui bahwa AS tengah menekan Cina terkait dengan tindakan Cina memperkuat militernya di wilayah sengketa, seperti penempatan pesawat-pesawat tempur dan rudal anti-pesawat di Pulau Woody Island.

Cina berulangkali mengklaim sebagai pemilik sah wilayah Laut Cina Selatan dan balik menuduh AS melakukan langkah-langkah provokatif kepada Cina.

Dalam pidatonya itu Carter juga mengecam Cina dan Rusia karena telah membatasi akses internet serta melakukan kejahatan-kejahatan siber yang disponsori negara.

Kecaman ini terjadi pada saat kepolisian federal FBI mendesak perusahaan pembuat ‘smartphone’ Apple untuk membuka akses bagi iPhone yang digunakan tersangka pelaku serangan terorisme di San Bernardino, California, tahun lalu.

“Adalah penting untuk berhenti di sini, karena kebijakan di masa mendatang tidak boleh ditentukan oleh kasus tertentu,” kata Carter.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL