al qaida yamanSana’a, LiputanIslam.com — Kelompok Al Qaida dikabarkan menyerang kompleks pemerintahan dimana terdapat Istana Kepresidenan di Provinsi Hadramaut, Yaman Tenggara.

Mengutip keterangan sumber-sumber lokal, kantor berita Iran Press TV melaporkan, Kamis (2/4), suara ledakan dan tembakan gencar terdengar ketika kelompok militan yang diduga kuat sebagai anggota-anggota Al Qaida Yaman itu menyerang Istana Presiden di kota al-Mukalla, sekitar 800 kilometer sebelah tenggara ibukota Sana’a, pada Rabu petang (1/4).

Sedangkan situs hadrmoutpress.com melaporkan, asap membumbung tinggi di langit kota tersebut.

Para saksi menyebutkan penyerang menggunakan bom-bom mobil untuk mendobrak pintu gerbang istana, kemudian terlibat tembak-menembak sengit dengan pasukan penjaga di dalam kompleks.

Anggota-anggota al-Qaeda juga menyerang kantor gubernur di al-Mukalla. Tembak-menembak berlangsung selama lebih dari setengah jam dalam aksi tersebut. Selain itu, Al Qaida juga menyerang penjara di Mukalla dan membebaskan 300 tahanan termasuk sejumlah anggota kelompok itu yang ditahan. Khalid Batarfi, anggota senior al-Qaeda yang telah ditahan selama lebih dari 4 tahun, termasuk di antara mereka yang bebas.

Selama beberapa bulan terakhir Al Qaida Yaman aktif terlibat pertempuran melawan pasukan pemerintah maupun gerakan Ansarullah.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL