salman khanMumbai, LiputanIslam.com — Aktor terkenal India Salman Khan dijatuhi hukuman penjara selama 5 tahun atas kasus tabrak lari yang terjadi di Mumbai tahun 2002.

Seorang tewas dan 4 lainnya terluka dalam insiden tersebut,  ketika mobil milik Khan menabrak gelandangan yang tidur di pinggir jalan di kota Mumbai. Khan mengklaim pengawalnyalah yang mengemudikan mobilnya, namun hakim menyatakan Khan berada di belakang kemudi dalam kondisi mabuk.

Khan masih berpeluang bebas atau setidaknya mendapatkan hukuman yang lebih ringan dengan mengajukan banding. Namun ia juga menghadapi ancaman hukuman yang lebih berat, yaitu penjara selama 10 tahun jika ia mengajukan banding. Demikian seperti dilansir BBC News, Rabu (6/5).

Salman Khan adalah salah seorang aktor paling populer di India dengan jumlah film yang dibintanginya mencapai 80 film berbahasa India. Sebagian di antaranya, seperti ‘Dabangg’, ‘Ready’, ‘Bodyguard’, ‘Ek Tha Tiger’, ‘Maine Pyar Kiya’ and ‘Hum Aap Ke Hain Kaun’ adalah film-film terlaris di India.

Ketika Salman dan keluarganya memasuki ruang pengadilan di Mumbai, Rabu, ratusan penggemarnya menggelar doa bersama bagi pembebasannya. Namun hakim berkeputusan lain.

“Anda yang mengemudikan mobil itu, Anda berada di bawah pengaruh alkohol,” kata hakim pada persidangan itu.

Televisi-televisi India yang menyiarkan persidangan itu melaporkan betapa Salman sangat terpukul dengan keputusan hakim. Sementara aktris senior Hema Malini mengatakan kepada pers yang meliput, dirinya berdoa agar Salman mendapatkan hukuman lebih ringan.

Kasus ini menjadi perhatian publik India selama bertahun-tahun. Pada tanggal 28 September 2002, mobil Toyota Land Cruiser Salman menabrak toko roti American Express di daerah Bandra, Mumbai. Dalam insiden itu mobil Khan juga melindas 5 orang gelandangan yang tertidur di pinggir jalan, membunuh Noor Ullah Khan (38 tahun) dan melukai dengan parah 3 orang lainnya, sementara seorang lainnya hanya mengalami luka kecil.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL