jaycee chanBeijing, LiputanIslam.com — Putra kandung aktor Hongkong terkenal, Jacky Chan, yang juga berhasil membangun karier sebagai aktor, Jaycee Chan (31 tahun), ditangkap polisi karena dugaan penyalahgunaan obat-obatan. Jika terbukti ia menghadapi ancaman hukuman penjara selama 3 tahun.

Sebagaimana diaporkan BBC News, Jaycee Chan dan bintang film terkenal Taiwan Kai Ko (23 tahun) ditangkap dan ditahan polisi Cina, Kamis (14/8). Demikian pernyataan resmi kepolisian Beijing Cina di situs jejaring sosial lokal.

Polisi menyatakan kedua aktor itu terbukti positif menggunakan marijuana dan sebanyak 100 gram bahan terlarang itu ditemukan di rumah Jaycee Chan.

Penangkapan itu merupakan rangkaian dari aksi penangkapan besar-besaran kepolisian yang telah menjerat beberapa publik figur dan selebritis terkenal. Ini menyusul Presiden Cina Xi Jinping yang pada bulan Juni lalu menyerukan “langkah tegas” untuk menanggulangi penggunaan obat-obatan terlarang.

Awal bulan ini Gao Hu (40 tahun) yang turut bermain dalam film laris tahun 2011 “The Flowers of War” ditangkap karena kepemilikan marijuana dan methamphetamines, demikian pernyataan media nasional.

Wakil direktur badan penanggulangan narkoba kota Beijing Jin Zhihai mengatakan bahwa polisi tidak pernah sengaja menargetkan para selebritis.

Minggu lalu sebanyak 42 agensi menejemen artis di Beijing menandatangani MoU dengan kepolisian untuk tidak merekrut artis yang diketahui mengalami masalah obat-obatan.

Jaycee Chan yang ayahnya ditunjuk sebagai “Duta Pengendalian Narkoba” oleh kepolisian Cina tahun 2009, ditahan atas kejahatan dengan modus “menyediakan perlindungan bagi orang lain untuk melakukan penyalahgunaan obat-obatan”, kata polisi. Ia manghadapi ancaman hukuman penjara 3 tahun jika terbukti bersalah.

Sedangkan Kai Ko sebagai pengguna, hanya menghadapi ancaman hukuman lebih rendah, yaitu penjara selama 15 hari.

Polisi Beijing menambahkan 2 orang lain, yaitu seorang asisten dan seorang pengedar juga ditangkap dalam insiden itu.

“Saya merasa sangat menyesal, dan meminta ma’af kepada semua orang yang telah mendukung saya selama ini. Saya telah memberikan contoh yang sangat buruk. Saya telah membuat kesalahan sangat besar,” kata Ko dalam wawancara yang disiarkan oleh televisi pemerintah, Selasa (19/8).

Baik Jaycee maupun ayahnya, Jacky Chan belum memberikan pernyataan atas peristiwa ini.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL