mr spockLos Angeles, LiputanIslam.com — Aktor legendaris pemeran tokoh “Mr Spock” dalam film seri televisi Star Wars, Leonard Nimoy, meninggal dalam usia 83 tahun di Los Angeles, Jumat (27/2).

Seperti dilansir BBC News, putra Nimoy, Adam, mengatakan bahwa ayahnya meninggal akibat penyakit ‘cronic obstructive pulmonary disease’ (COPD).

Nimoy telah berkarier lama sebagai aktor maupun sutradara film. Namun ia paling dikenal sebagai tokoh “Mr Spock” dalam film seri televisi maupun versi layar lebarnya, Star Wars, sejak tahun 1960-an.

Tahun lalu Nimoy mengakui bahwa dirinya menderita penyakit paru-paru kronis COPD, meski ia telah berhenti merokok selama 30 tahun. Pada tanggal 19 Februari lalu ia dibawa ke rumah sakit setelah mengalami sakit dada.

Setelah sembuh dari perawatan, ia berkicau di Twitter: “Hidup adalah seperti sebuah taman. Masa-masa indah dapat dimiliki namun tidak bisa dijaga, kecuali dalam kenangan.” Dilanjutkan kemudian dengan kicauan terakhirnya, “Panjang umur dan sukses.”

Cucu Nimoy, Dani Nimoy, mengatakan dalam kicauananya di Twitter bahwa kakeknya adalah ‘orang yang luar biasa, suami, kakek, saudara, aktor, penulis, masih banyak lagi daftarnya – dan teman.”

Teman lama Nimoy di film Star Trek dan pemeran tokoh Hikaru Sulu, George Takei, dalam penghormatannya kepada Nimoy mengatakan kepada MSNBC:

“Kata ‘luar biasa’ mungkin berlebihan, namun menurut saya itu adalah kata yang tepat untuk Leonard”.

“Ia adalah manusia berbakat yang luar biasa, namun ia juga manusia yang santun,” tambahnya.

Sementara itu badan antariksa AS, NASA, dalam kicauan resminya menyebut bahwa Nimoy dan Star Trek merupakan sumber inspirasi.

Ribuan orang menyampaikan kicauannya setelah pengumuman kematian Nimoy, termasuk para pemain Star Trek di masa lalu maupun sekarang.

William Shatner, pemeran Captain Kirk yang bermain bersama Nimoy selama bertahun-tahun mengatakan bahwa ia mencintai Nimoy seperti saudara.

“Kami akan merindukan candanya, bakatnya, dan kemampuannya untuk mencintai,” tulis Shatner di Twitter.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL