film interviw dikirim denagn balonSeoul, LiputanIslam.com — Seorang aktifis politik anti-Korea Utara (Korut) mengklaim telah mengirimkan ribuan keping DVD film ‘the Interview’ ke Korut dengan menggunakan balon.

Lee Min-bok menyebutkan tidak menemukan hal yang lucu dalam film komedi yang kontroversial itu, namun ia ingin rakyat Korut menyaksikannya. Ia mengklaim mengirim ribuan DVD itu pada malam hari dan di wilayah-wilayah perbatasan yang terpencil dan tanpa publikasi. Ia juga mengaku telah 4 kali melakukan pengiriman, terakhir pada akhir pekan lalu. Demikian seperti dilaporkan BBC News, Rabu (8/4).

Lee, seorang mantan pembelot dari Korut, mengatakan, ia mengikatkan DVD-DVD itu dengan balon bersama beberapa bundel mata uang dollar dan liflet yang mengkritik pemerintahan Korut.

“Saya telah meluncurkan ribuan kopi film tersebut dan sekitar sejuta liflet pada hari Sabtu (4/4), di dekat perbatasan barat,” katanya kepada AFP. Dalam peluncuran saat itu ia didampingi wartawan CNN.

Ia mengatakan bahwa peluncuran tersebut tidak diketahui oleh polisi, namun menegaskan bahwa polisi tidak berhak untuk menghentikan aksinya itu.

Kepada CNN yang menemaninya dalam peluncuran hari Sabtu, Lee mengatakan bahwa film ‘the Interview’ sama sekali tidak lucu dan ‘vulgar’. Namun film tersebut telah jujur menggambarkan pemimpin Korut Kim Jong Un sebagai manusia yang lemah, bukan Tuhan. Hal itulah yang membuat pemerintah Korut marah, demikian klaim Lee.

Film tersebut telah menuai kontroversi luas setelah pemerintah AS menuduh Korut telah melakukan peretasan terhadap perusahaan pembuat film tersebut, Sony Pictures, sehingga menghambat peluncuran film tersebut pada akhir tahun lalu.

Para aktifis anti-Korut Korea Selatan telah berulangkali mengirimkan liflet-liflet anti pemerintah Korut dengan menggunakan balon yang diterbangkan di perbatasan. Korut telah mengancam akan menembaki balon-balon tersebut, namun pemerintah Korut membela mereka dengan dalih hak menyatakan pendapat, meski untuk itu warga di perbatasan menanggung resiko ditembaki oleh pasukan perbatasan Korut.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL