Brazil SnowdenBrasilia, LiputanIslam.com — Sejumlah aktivis melakukan kampanye di luar gedung Kementerian Luar Negeri, ibukota Brasilia untuk menuntut suaka untuk whistleblower yang pernah bekerja sebagai kontraktor pada Badan Keamanan Nasional AS (NSA), Edward Snowden.

Pada hari Kamis (13/2), para aktivis berjalan ke gedung Kementerian Luar Negeri sambil meneriakkan slogan-slogan dan membawa kotak simbolis. Mereka juga menyerahkan petisi berisi satu juta tandatangan pemberi dukungan bagi Snowden.

Laporan-laporan media setempat mengatakan bahwa organisasi kampanye global Avaaz telah meluncurkan petisi sejak Desember lalu dan telah mengumpulkan 1,1 juta tanda tangan secara online sejak saat itu .

Petisi ini menuntut Presiden Brazil Dilma Rousseff untuk menawarkan suaka bagi Snowden.

“Kami menyerahkan dokumen ke Kementerian Luar Negeri,” ujar Direktur Kampanye Avaaz Michael Freitas Mohallem, seperti dikutip AFP.

“Pemerintah Brazil telah mengatakan bahwa diperlukan sebagai sebuah permintaan resmi dari Snowden untuk memberikan suaka. Saat ini, lebih dari satu juta orang telah melakukan apa yang tidak bisa Snowden lakukan dan mempresentasikan permintaan ini dengan mengusung namanya, ” kata direktur Avaaz Ricken Patel dalam sebuah pernyataan .

Seorang juru bicara Kementerian Luar Negeri Brasil mengatakan bahwa permohonan akan diserahkan kepada Departemen Kehakiman .

Snowden mengatakan pada Desember tahun lalu bahwa ia siap membantu pemerintah Brasil menyelidiki kegiatan mata-mata AS di negara Amerika Latin.

Mantan karyawan CIA ini membocorkan dua rahasia program mata-mata pemerintah AS di mana Badan Keamanan Nasional AS ( NSA ) dan Biro Investigasi Federal ( FBI ) menguping jutaan catatan telepon Amerika dan Eropa dan data internet dari perusahaan internet besar seperti Facebook, Yahoo, Google, Apple, dan Microsoft .

Skandal NSA itu kemudian menjelma ke dimensi yang lebih luas ketika Snowden mengungkapkan informasi tentang kegiatan spionase yang menargetkan negara-negara sahabat .

Oktober lalu, Rousseff membatalkan kunjungan ke Washington setelah terungkap bahwa ponselnya disadap oleh AS, seperti halnya juga perusahaan minyak negara Petrobras dan warga Brasil lainnya .

Snowden sekarang berada di Rusia setelah Moskow memberikan kepadanya suaka pada bulan Agustus selama satu tahun.(zz/press tv/afp)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL