demo dukung assadDamaskus, LiputanIslam.com — Ribuan atau bahkan mungkin jutaan rakyat Suriah turun ke jalan-jalan di beberapa kota di Suriah untuk menyampaikan dukungannya kepada pemerintahan Bashar al Assad, Sabtu kemarin (15/2) dan hari ini (16/2). Saat berita ini ditulis, Minggu petang (16/2), aksi-aksi demonstrasi masih berlangsung meriah.

Aksi dukungan terhadap pemerintah tersebut merupakan bentuk “tamparan” bagi kelompok oposisi dan negara-negara pendukungnya yang bersikeras menuntut pengunduran diri Bashar al Assad sehingga membuat perundingan Genewa II mengalami kebuntuan.

Aksi demonstrasi terbesar terjadi di distrik al-Shaghour, Damaskus, dimana hampir seluruh warganya turun ke jalanan. Membawa aneka poster bergambar Presiden Assad dan bendera nasional Suriah, para demonstran meneriakkan dukungan kepada pemerintah dan militer Suriah yang telah mampu bertahan dari serangan pemberontak dan negara-negara pendukungnya selama hampir 3 tahun.

Para demonstran juga menyatakan dukungannya terhadap delegasi Suriah dalam perundingan Genewa II yang disebutnya sebagai “wakil sebenarnya bagi rakyat Suriah”, seraya menolak campur tangan negara-negara asing dalam urusan Suriah.

Aksi-aksi serupa juga berlangsung di berbagai provinsi dan kota-kota besar di Suriah, seperti Aleppo, Hama, Hasaka, Homs, dan Latakia.

Aksi-aksi tersebut berlangsung pada saat perundingan Genewa II putaran kedua mengalami kebuntuan, hari Sabtu (15/2), setelah delegasi oposisi menolak membicarakan isu terorisme dan memaksakan agenda pembicaraan tentang pembentukan pemerintahan transisi dan pengunduran diri Bashar al Assad.

Sementara itu upaya pemberian bantuan serta evakuasi warga kota Homs yang diorganisir PBB dan Bulan Sabit Merah Suriah,  kembali berlangsung pada hari Sabtu (15/2).

Gubernur Homs Talal al-Barazi menyebutkan bahwa puluhan warga Homs berumur antara 18 dan 45, yang sebelumnya sempat menjalani interogasi, akhirnya dilepaskan.(ca/press tv/friendsofsyria)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL