sinioraBeirut, LiputanIslam.com — Fuad Siniora, mantan perdana menteri Lebanon, selama ini dikenal sebagai salah satu figur utama Lebanon yang menentang kuat pengaruh Iran di Lebanon. Namun bahkan reputasinya sebagai “pembenci” Iran nomor satu Lebanon itu pun tidak mampu menghalanginya untuk memberikan pujian kepada Iran atas kontribusi positif yang diberikan negara itu kepada Lebanon.

Dalam pertemuan dengan Dubes Iran untuk Lebanon, Ghazanfar Roknabadi, di  Beirut, hari Rabu (5/3), Siniora yang saat ini mengetuai partai utama Sunni Lebanon, Al Muqtabal, memuji Iran atas peranan yang diberikannya demi tercapainya persatuan di Lebanon.

Sebagaimana diketahui, setelah mengalami jalan buntu selama hampir setahun, akhirnya Perdana Menteri terpilih Lebanon, Tammam Salam, berhasil mewujudkan pemerintahan persatuan pada tgl 15 Februari lalu. Pemerintahan baru itu mencakup 2 blok politik yang selama ini berseberangan, yaitu Hizbollah dan Al Muqtabal.

Lebih jauh, dalam pertemuan dengan dubes Iran tersebut, Siniora menyerukan agar semua negara Arab untuk meningkatkan hubungannya dengan Iran.

Di sisi lain, Roknabadi, menekankan niat Iran untuk menjalin hubungan yang lebih dekat dengan negara-negara tetangganya, terutama negara-negara Arab Teluk. Ia menyebutkan kehadiran kepala negara, pemimpin parlemen dan utusan dari 47 negara Isalam dalam pertemuan Parliamentary Union of the Organization of Islamic Cooperation Conference (PUIC) di Tehran, beberapa waktu lalu, telah mengindikasikan dekatnya Iran dengan semua negara Islam di dunia.

Pertemuan PUIC yang berlangsung 14 Februari hingga 19 Februari lalu berhasil menyepakati kerjasama antar negara Islam di berbagai bidang, seperti kerjasama anti-terorisme, kerjasama teknik dan sains, peningkatan demokrasi, serta dukungan bagi perjuangan rakyat Palestina.

PUIC didirikan tahun 1999 atas inisiatif Iran yang tujuannya meningkatkan kerjasama antar parlemen negara-negara Islam demi menghadapi tantangan bersama negara-negara Islam di dunia.(ca/press tv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL