palu hakimNew Delhi, LiputanIslam.com — Untuk pertama kalinya, pengadilan di India menjatuhkan hukuman mati dalam kasus pemerkosaan. Tiga pria yang menjadi terdakwa dalam dua kasus pemerkosaan berbeda, divonis mati oleh pengadilan.

Vonis mati tersebut diumumkan di sebuah pengadilan di Mumbai, dalam persidangan yang digelar hari ini (4/4). Dua kasus pemerkosaan tersebut terjadi pada Juli dan Agustus 2013 lalu di kota yang sama.

Salah satu kasus menimpa seorang fotografer yang kemudian menjadi pemberitaan media internasional. Demikian seperti dilansir AFP, Jumat (4/4).

Ketiga pria yang dijatuhi vonis mati tersebut antara lain Salim Ansari (28), Vijay Mohan Jadhav (19) dan Kasim Hafeez Shaikh (21). Ketiganya dinyatakan bersalah melakukan pemerkosaan secara berulang.

“Ada kebutuhan akan tidak adanya toleransi dalam insiden semacam ini. Pesan yang keras dan jelas perlu diberikan kepada masyarakat,” ujar hakim Shalini Phansalkar Joshi saat mengumumkan vonis mati ini.

Ketika pria tersebut diadili dengan undang-undang baru tentang pemerkosaan, terutama yang mengatur pelaku kejahatan seks secara berulang yang memiliki ancaman hukuman mati. Jaksa penuntut Ujjwal Nikam memastikan bahwa vonis ini merupakan yang pertama kalinya di India untuk kasus pemerkosaan.(ca/detiknews)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*