vila bali 1Denpasar, LiputanIslam.com — Sejumlah hotel di Bali menyatakan bahwa menjelang liburan akhir tahun, para wisatawan dari dalam dan luar negeri berduyun-duyun mengunjungi Pulau Dewata tersebut. Akibatnya, kamar hotel full-booked.

Di Kuta, daerah yang paling populer bagi wisatawan untuk merayakan malam tahun baru, hunian di sejumlah hotel telah mencapai 100 persen pada Senin.

“Semua kamar di hotel kami, telah penuh sejak 29 Desember hingga 1 Januari,” kata Umu Kulsum Sastroatmodjo, sisten manajer pemasaran Hotel Grand Istana Rama, yang terletak tepat di seberang pantai Kuta.

Beberapa hotel di daerah yang sama diisi hingga 80 – 90 persen pengunjung, namun diprediksi akan penuh dalam hari-hari terakhir tahun 2014 hingga 5 Januari. Hotel Hard Rock dihuni lebih dari 90 persen pengunjung, dan akan selalu penuh pada hari-hari terakhir.

“Kami menyambut banyak wisatawan domestik dan warga asing, yang kebanyakan berasal dari Australia. Semua kamar kami biasanya penuh pada hari-hari di sekitar perayaan Tahun Baru,” jelas Wangi Duarma Putri, asisten manajer komunikasi pemasaran Hard Rock.

Dari laporan thejakartapost.com, hotel-hotel ini biasanya akan menetapkan tarif khusus pada akhir tahun. Mereka menaikkan tarif hotel mulai dari 80 hingga 100 persen dari hari-hari biasa. Misalnya Hotel Hard Rock, yang mematok tarif dengan kenaikan 80 persen, dan minimal harus menginap selama empat malam.

Kendati demikian, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) menyatakan bahwa rata-rata hunian hotel tahun ini, lebih rendah dari tahun sebelumnya. Di Kuta, Ubud, dan Nusa Dua, angka hunian menurun.

“Pada periode yang sama tahun lalu, tingkat hunian rata-rata di Ubud mencapai 70 persen beberapa hari sebelum tahun baru, tapi sekarang angkanya menurun menjadi 55 persen. Bahkan di daerah utama seperti Kuta, tingkat hunian rata-rata hanya 78 persen,” jelas Ketua PHRI Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, 30 Desember 2014.

Ia juga menyebutkan, memang beberapa hotel di Kuta telah mencapai 100 persen hunian, namun lamanya menetap di hotel tersebut juga lebih rendah.

DAri studi TripAdvisor untuk periode tahun baru dari 27 Desember hingga 4 Januari, disebutkan ada 10 tujuan paling populer bagi wisatawan di Asia Pasifik untuk menyambut awal 2015.

TripAdvisor mengungkapkan bahwa malam tahun baru ini, wisatawan memilih untuk menghabiskan liburan di Bali, khususnya di Pantai Kuta, yang akan dimeriahkan dengan pesta kembang api sepanjang malam tahun baru. Survei tersebut juga mengungkapkan bahwa Seminyak (Legian), Sydney dan Singapura, juga tujuan wisata yang difavoritkan. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL