presiden amerikaTaipei, LiputanIslam.com — AS mengecam Presiden Taiwan Ma Ying-jeou karena berencana mengunjungi pulau sengketa di Laut Cina Selatan, dengan menyebut rencana Taiwan itu “sangat tidak membantu” wilayah penuh kemelut itu.

Pengumuman atas kunjungan itu keluar beberapa pekan setelah petugas keamanan pantai Taiwan mengusir kapal ikan Vietnam di dekat pulau Taiping, pulau kecil kelolaan Taiwan di gugusan Kepulauan Spratly. Rencananya kunjungan itu akan dilakukan hari ini (28/1).

Deretan pulau ini didaku sebagian atau seluruhnya oleh Vietnam, Cina, Filipina, Malaysia, dan Brunei.

“Kami kecewa atas rencana Presiden Ma Ying-jeou mengunjungi pulau Taiping,” kata Sonia Urbom, juru bicara Lembaga Amerika di Taiwan, yang secara de facto adalah Kedutaan AS di Taiwan.

“Tindakan itu sangat tidak membantu dan tidak memberikan sumbangan bagi upaya perdamaian atas sengketa di Laut Cina Selatan,” kata Sonia.

AS adalah sekutu utama Taiwan dan pemasok utama persenjataan, namun telah berulang kali menegaskan tidak ingin melihat peningkatan ketegangan di wilayah itu.

Taiwan hari ini menyatakan keinginan menegaskan kembali kedaulatannya di Taiping.

“Pulau Taiping merupakan bagian melekat dari wilayah Republik Cina (ROC/Taiwan),” kata juru bicara kantor kepresidenan Taiwan Charles Chen yang secara resmi menggunakan nama ROC untuk Taiwan.

Tujuan perjalanan tersebut untuk mengunjungi personel Taiwan yang ditempatkan di sana menjelang libur Tahun Baru Imlek, kata Chen.

Cina yang menganggap Taiwan sebagai bagian dari wilayahnya dan mendaku hampir seluruh wilayah Laut Cina Selatan, memberikan tanggapan terukur atas kunjungan tersebut.

“Itu tanggung jawab bersama dan tugas bersama di daratan dan Taiwan untuk menjaga kedaulatan negara dan keutuhan wilayah,” kata Ma Xiaoguang, juru bicara Kementerian Cina urusan Taiwan, sebagaimana dilaporkan kantor berita resmi Cina, Xinhua dan dilansir Antara.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL