bank yunaniAthena, LiputanIslam.com — Yunani telah mengirimi para kreditor sebuah proposal dana talangan baru dengan menawarkan reformasi kepensiunan dan pajak demi mendapatkan utang baru selama tiga tahun, kata sumber pemerintah seperti dikutip AFP.

“Proposal Yunani termasuk pendanaan kebutuhan keuangan negara selama tiga tahun, penyesuaian utang dan paket investasi 35 miliar euro,” kata sumber itu seperti dikutip AFP.

Pemerintah Yunani merilis dokumen setebal 13 halaman yang merinci rencana dana talangan baru yang di antaranya seperti telah dituntut kreditor-kreditor asing Yunani sebelum pembicaraan terhenti bulan lalu.

Athena secara resmi telah mengirimkan proposal utang itu Rabu lalu (8/7), berupa permohonan program utang tiga tahun dari Mekanisme Stabilitas Eropa (ESM), namun tidak merinci berapa banyak pinjaman yang diminta.

Paket pinjaman 35 miliar euro itu sendiri memang telah disisihkan untuk Yunani oleh Komisi Eropa.

Jumat ini parlemen Yunani akan diminta memberikan otoritas bagi Perdana Menteri Alexis Tsipras dan para pejabat senior lainnya untuk bernegosiasi dengan para kreditor asing dengan landasan rancangan bailout (dana talangan) terbarunya, lapor kantor berita ANA seperti dilansir Antara.

Yunani telah diberi batas waktu mengirimkan proposal utang yang baru sampai Kamis tengah malam, demi menyelamatkan perekonomiannya dari keambrukan dan menghindarkan keluar dari zona euro.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL