airchinaBeijing, LiputanIslam.com — Maskapai penerbangan nasional Cina, Air China, dikabarkan telah memborong 60 pesawat Boeing 737 buatan AS senilai lebih dari $6 miliar atau lebih dari Rp70 triliun. Pesawat-pesawat itu akan dikirimkan antara tahun 2016 dan 2020, demikian BBC News melaporkan, Rabu (24/12).

Di antara pesawat yang dibeli maskapai penerbangan itu adalah generasi terbaru Boeing 737 dan Boeing 737 MAX yang dikenal irit bahan bakar. Pada bulan September lalu Boeing juga telah mengirimkan pesawat Boeing 747-8 pertama dari 7 pesawat yang dipesan Air China.

“Kami sangat senang melihat pesawat-pesawat 737 akan memainkan peran signifikan bagi kesuksesan Air China,” kata Ihssane Mounir, pimpinan Boeing untuk kawasan Asia Timur dalam pernyataannya sebagaimana dikutip BBC.

Pada bulan Oktober lalu saingan Boeing, Airbus, mengumumkan akan membuka pabrik keduanya di Cina untuk mendorong produksi pesawat A330 di kawasan paling berkembang di dunia. Sementara itu Boeing memperkirakan Cina akan membutuhkan lebih dari 6.000 pesawat penumpang selama 20 tahun ke depan untuk menunjang pertumbuhan ekonominya.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL