ahok 1Jakarta, LiputanIslam.com--Setelah lebih dari sepekan kursi gubernur DKI ditinggalkan oleh Joko Widodo yang kini menjadi Presiden RI, akhirnya Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dipastikan akan menjadi Gubernur DKI Jakarta. DPRD akan mempersiapkan pelantikannya dalam waktu dekat.

Kepastian ini disampaikan Ketua DPRD DKI, Prasetyo Edi Marsudi di Gedung Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (29/10). Menurutnya, pihaknya sudah mendapatkan surat dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) nomor 121.32/4438/OTDA perihal mekanisme pengangkatan Wakil Gubernur DKI Jakarta menjadi Gubernur DKI Jakarta Sisa Masa Jabatan Tahun 2012-2017. Surat itu dikirim oleh Direktur Jendral (Dirjen) Otonomi Daerah Kemendagri, Djojermansyah Djohan.

“Intinya mulus. Ahok otomatis tetap naik jadi Gubernur. Setelah saya mendapatkan surat ini, saya serahkan kepada wakil-wakil untuk kita rapimkan. Saya pasti akan lantik. Karena ini Ahok tidak dilantik pun dari DPRD akan dilantik oleh Mendagri. Sama aja,” kata Prasetyo seperti dikutip Tribunnews.

Dia menjelaskan bahwa akan bertemu dengan fraksi-fraksi yang ada di DPRD DKI untuk mengelar Rapat Paripurna pengumuman Ahok secara yuridis dilantik menjadi Gubernur DKI Jakarta. Menurutnya, fraksi-fraksi tidak bisa menolaknya.

“Sekarang kan permasalahannya mungkin belum nyambung aja di antara fraksi yang ada. Ya tugas saya sebagai Ketua DPRD ya untuk menyambungkan itu,” ucapnya.

“(Ditolak-red) Sudah nggak bisa. Saya bacakan tadi suratnya. Udah itu putus udah,” lanjut dia.

Sebelumnya, pada hari yang sama, Ahok sudah menyatakan keyakinannya bahwa dirinya akan jadi gubernur.

“Gue udah pasti otomatis jadi gubernur, tinggal DPRD selenggarakan (rapat) paripurna dan umumkan saja. Kalau DPRD enggak mau (rapat) paripurna pun, Presiden akan ambil alih melantik saya,” kata Ahok. (dw)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL