nelayanJakarta, LiputanIslam.com — Agar tepat sasaran, PT Pertamina (Persero) membangun sistem penyaluran BBM bersubsidi untuk nelayan. Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina Hanung Budya mengatakan, sistem tersebut berupa kartu khusus untuk membeli BBM bersubsidi bagi nelayan golongan tertentu.

“Kita harapkan ada sistem satu nelayan dapat berapa liter per hari dan melautnya dapat ikan berapa kilo,” kata Hanung, di kawasan nelayan Tanjung Pasir Tangerang Banten, Selasa (11/11/2014).

Menurut Hanung, sistem yang diharapkan dapat beroperasi bulan depan tersebut berfungsi untuk mengendalikan penyalahgunaan BBM bersubsidi. Pasalnya, disinyalir ada oknum nakal menyalahgunakan BBM bersubsidi dengan menjual kepada pihak yang tidak berhak di tengah laut.

Nggak ada kaitanya dengan kenaikan harga BBM. Ini memastikan nelayan dapat BBM bersubsidi tidak disalahgunakan jadi kalau ke laut nggak dijual di laut,” tuturnya, seperti dilansir Liputan6.

Hanung menambahkan, untuk menjalankan sistem tersebut, PT Pertamina akan menggandeng BRI dan Kementerian Kelautan Perikanan. Saat ini sistem tersebut sudah diujui cobakan di kawasan nelayan Cilincing Jakarta.

“Penggunaan kartu tersebut dapat mendukung program pemerintah untuk mendata kembali jumlah kapal nelayan yang berhak membeli BBM subsidi,” kata Hanung.

Secara tak langsung, kata Hanung, pendataan ini nantinya dapat dimanfaatkan oleh pemerintah sebagai dasar penetapan kuota BBM subsidi buat nelayan. Adapun sampai akhir Oktober 2014, kata Hanung, Pertamina telah menyalurkan Premium dan Solar ke nelayan sebanyak 1,5 juta kiloliter. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL