Boko-Haram_0Abuja, LiputanIslam.com — Pemimpin negara-negara Afrika tengah dan barat akan menyelenggarakan konferensi tingkat tinggi (KTT) pada 8 April untuk membuat strategi bersama dalam menghadapi ancaman kelompok teroris Boko Haram yang berafiliasi dengan ISIS. Demikian pernyataan penyelenggara acara tersebut, Minggu (5/4).

Konferensi itu akan menjadi pertemuan pertama kali sejak Nigeria melangsungkan pemilihan umum satu pekan lalu dengan Muhammad Buhari, mantan panglima militer, keluar sebagai pemenang. Buhari telah menyatakan tekadnya memberantas “teror” Boko Haram dari negaranya, setelah dinyatakan sebagai pemenang pemilu minggu lalu.

Sebuah koalisi kawasan yang terdiri dari Nigeria, Chad, Niger dan Kamerun, telah melancarkan serangan-serangan terhadap kelompok Islamis itu dalam upaya menggerus pemberontakan, yang saat ini telah meluas ke seberang perbatasan dari benteng Boko Haram di Nigeria.

Pertemuan puncak yang akan berlangsung di Malabo, ibu kota negara Guinea Khatulistiwa itu diselenggarakan bersama oleh Masyarakat Ekonomi Negara-Negara Afrika Barat (ECOWAS) dan Masyarakat Ekonomi Negara-Negara Afrika Tengah (ECCAS).

“Dalam menghadapi serangan-serangan berdarah yang meningkat dan memuncak oleh para fundamentalis terhadap Nigeria, Niger, Kamerun dan Chad serta serangkaian akibat yang ditimbulkan terhadap negara-negara ini, juga risiko nyata berupa kacaunya stabilisasi di Afrika barat dan tengah, kedua organisasi ini telah memutuskan untuk mengambil tindakan,” kata pernyataan ECOWAS seperti dilansir Antara.

Belum ada keterangan soal apakah Buhari akan menghadiri KTT itu karena, hingga 29 Mei, ia belum akan dilantik sebagai presiden untuk menggantikan presiden yang saat ini masih menjabat, Goodluck Jonathan.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL