jeb bushMiami, LiputanIslam.com — Adik mantan presiden Amerika Serikat George W Bush, Jeb Bush, akhirnya resmi mengumumkan pencalonannya untuk pilpres 2016 mendatang.

“Saya telah memutuskan untuk menjadi calon presiden Amerika Serikat,” katanya dalam pengumuman resmi yang digelar di universitas Miami Dade College, seperti dikutip AFP dan dilansir Antara, Selasa (16/6).

“Kita telah membuat Florida nomor satu dalam penciptaan lapangan kerja dan nomor satu untuk penciptaan usaha kecil,” katanya seraya menyatakan bahwa dia bisa memangkas pajak sebesar 19 miliar dolar AS.

Mantan gubernur Florida itu menegaskan bahwa sebagai presiden nanti dia akan membawa AS keluar dari berbagai masalah.

Pria berusia 62 tahun itu menyerang pemerintahan Presiden Barack Obama yang disebutnya telah meninggalkan sejumlah warian buruk berupa krisis yang tak bisa ditanggulangi, kekerasan yang tak terlawan, musuh-musuh laten, sekutu yang ditinggalkan dan aliansi yang retak.

“Anda dan saya tahu bahwa Amerika layak mendapatkan yang lebih baik,” katanya lagi.

“Bagi saya nama terakhir itu mendatangkan banyak respek,” kata Carlos Musivay, seorang pengusaha yang datang menghadiri pengumuman Jeb Bush itu kepada AFP.

Namun massa akar rumput konservatif mengutarakan keskeptisannya dengan menyebut Bush tidak mampu meninggalkan yang menarik sejak meninggalkan posisi gubernur delapan tahun silam.

Pencalonan itu diapresiasi sejumlah kalangan, meski sebagain publik lain menyambutnya dengan sinis. Jeb adalah bagian dari keluarga Bush yang telah melibatkan AS ke dalam peperangan-peperangan yang tidak populer. Seperti diketahui ayah kandung Jeb, George HW Bus yang menjadi presiden AS tahun 1989-1993 memerintahkan menyerang Irak dan memicu Perang Teluk pada tahun 1990. Kemudian kakak kandung Jeb, George W Bush, yang menjadi Presiden AS antara tahun 2001-2009 menambah buruk catatan keluarga tersebut dengan menggelar Perang Afghanistan dan Perang Irak tahun 2001 dan 2003.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL