mausoleumSeoul, LiputanIslam.com — Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un kembali absen dari sebuah acara kenegaraan, penting sehingga semakin menumbuhkan spekulasi keberadaannya.

Sebagaimana dilaporkan BBC News, Kim Jong-un tidak tampak dalam acara ulang tahun partai komunis Korut yang diselenggarakan di sebuah mausoleum di Pyongyang, Jumat (10/10).

Ini adalah ketidak munculan Kim terlama di depan publik sejak berkuasa tahun 2011 lalu, yaitu lebih dari sebulan.

Televisi nasional bulan lalu mengumumkan bahwa Kim tengah berada dalam “kondisi fisik yang tidak nyaman” disertai gambar yang menunjukkan Kim tengah berjalan dengan pincang.

Namun pemerintah Korsel masih meyakini Kim tetap memegang kekuasaannya.

“Tampaknya kekuasaan Kim Jong-un dalam kondisi normal,” kata Jubir Kementrian Unifikasi Korea Lim Byeong-cheol sebagaimana dikutip kantor berita Yonhap, Jumat (10/10).

Pada hari Jumat itu para pejabat tertinggi Korut kecuali Kim Jong-Un mengunjungi mausoleum dimana pendahulu Kim, yaitu Kim Il-sung dan Kim Jong-il yang tidak lain adalah kakek dan ayah Kim, disemayamkan, sebagai peringatan ulang tahun ke 69 tahun Partai Komunis Korut.

Ini adalah pertama kalinya sejak Kim berkuasa, ia tidak hadir dalam acara penting tersebut. Hal ini semakin menambah spekulasi keberadaan Kim.

Minggu lalu delegasi pejabat tinggi Korut di bawah kepemimpinan Panglima Militer Hwang Pyong-so mengunjungi Korsel. Di tengah ketidak munculan Kim selama beberapa minggu, kunjungan mendadak itu pun menimbulkan spekulasi tentang kemungkinan militer telah melakukan kudeta terhadap Kim dan regim baru tengah memberikan penawaran politik terhadap Korsel.

Namun beberapa pengamat politik membantah spekulasi tersebut dengan menunjukkan fakta bahwa tidak ada pergerakan pasukan Korut yang berarti, sebagaimana biasa terjadi dalam semua kudeta. Selain itu media-media Korut masih menyebut-nyebut namanya dengan nada memuji-muji.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL