abeTokyo, LiputanIslam.com — Shinzo Abe berhasil mempertahankan kekuasaannya setelah partai pimpinannya serta koalisinya berhasil menguasai 2/3 kursi parlemen dalam pemilihan legislatif yang digelar Minggu (14/12).

Sebagaimana dilaporkan BBC News, Minggu petang, partai Abe, Liberal Democratic Party (LDP) berhasil meraih 290 kursi dan partai koalisinya, Komeito meraih 35 kursi. Bersama-sama kedua koalisi menguasai 325 kursi dari 475 kursi parlemen.

Sementara itu partai oposisi terbesar Democratic Party of Japan meraih 73 kursi, naik 11 kursi dari pemilihan sebelumnya.

Pemilihan ini disebut-sebut juga sebagai referendum atas program ekonomi Abe atau disebut juga sebagai “Abenomics”. Abe yang terpilih sebagai perdana menteri tahun 2012 bermaksud untuk meningkatkan laju perekonomian dengan meningkatkan anggaran dan pencetakan uang baru. Namun kepercayaan publik yang merosot karena kinerja ekonomi yang stagnan dan banyaknya skandal memalukan yang dilakukan anggota-anggota kabinetnya memaksa Abe menggelar pemilu yang dipercepat untuk mengamankan program-program ekonominya.

Abe mengatakan dirinya menggelar pemilihan untuk mendapatkan mandat publik untuk mencegah kenaikan pajak menjadi 10% pada tahun 2015 mendatang yang telah ditetapkan pemerintahan sebelumnya.

“Kebijakan ‘Abenomics’ saya masih separoh berjalan,” kata Abe, setelah penghitungan suara, Minggu (14/12).

“Saya sadar bahwa masih ada banyak orang yang merasa tidak mendapatkan keuntungan, namun tugas saya adalah memberikan keuntungan kepada semua orang dan saya percaya pemilihan ini membuat hal ini menjadi jelas,” tambah Abe.

Sebagian warga Jepang menentang pemilihan ini dan menanggapnya tidak perlu dan hanya menghambur-hamburkan uang.(ca)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL